Mohon tunggu...
RAHMAT GUNAWIJAYA
RAHMAT GUNAWIJAYA Mohon Tunggu... PENULIS Sejarah

Penulis sejarah yang pernah kerja di perbankan

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Ketika Dosen Jadi Wakil Presiden

10 Agustus 2020   16:34 Diperbarui: 10 Agustus 2020   16:27 32 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Dosen Jadi Wakil Presiden
sumber bisnis temp co

Wakil Presiden atau orang nomor 2 setelah Presiden adalah jabatan yang menurut undang undang 1945 membantu kepala negara sekaligus kepala pemerintahan Indonesia yang bersifat luar biasa dan istimewa. 

Sebagai pembantu kepala negara, Wakil Presiden adalah simbol mewakili kepala negara di dunia yang kualitas tindakannya sama dengan kualitas tindakan seorang presiden sebagai kepala negara. 

Sebagai pembantu kepala pemerintahan, Wakil Presiden adalah pembantu presiden yang kualitas bantuannya di atas bantuan yang diberikan oleh Menteri, memegang kekuasaan eksekutif untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintah sehari-hari yang didelegasikan kepadanya. Wakil Presiden menjabat selama 5 tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama untuk satu kali masa jabatan. 

Sosok wakil Presiden tentunya harus cerdas dan bisa memback up tugas Presiden sekaligus mampu mengkoordinir seluruh menteri di jajaran Kabinet agar sejalan dengan Kebijakan Presiden.  Sepanjang sejarah Republik  Indonesia sudah ada 2 Wakil Presiden yang berlakar ekonom atau pemikir kebijakan ekonomi nasional, yakni Wakil Presiden Muhammad Hatta dan Boediono yang berlatar sarjana ekonomi. 

Sebenarnya ada satu lagi Wakil Presiden kita yang berlatar belakang ekonomi ,bahkan sempat menjabat 2 priode wakil Presiden dengan Presiden yang berbeda, yakni Muhammad Jusuf Kalla, cuma kalau beliau lebih tepat dijuluki pakar ekonomi praktis karena latar belakangnya adalah pengusaha dan lama jadi saudagar besar di Indonesia Timur.

Kembali Sosok ke Wakil Presiden Bapak Boediono yang mungkin lebih dikenal sebagai dosen ekonomi dalam sejarah karier profesionalnya, beliau juga rutin menulis buku yang jadi banyak rujukan mahasiswa ekonomi di Indonesia,alumni S1 UGM , S2 Monash University dan S3 Pensylvania University , ini puluhan tahun mengajar sebagai Dosen sejak awal tahun 1970 di UGM dan beberapa kampus besar di Indonesia.

Sebelum menjadi Wakil Presiden sempat menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan , Menteri Keuangan dan Direktur Bank Indonesia. Pada periode kedua dipilih Presiden SBY menjadi Wakil Presiden masa jabatan 2009 sampai 2014. Dikenal sebagai salah satu Wakil Presiden yang sederhanan dan bersahaja, jauh dari Politik. Kiprahnya sampai sekarang masih bisa dibaca dalam artikel artikelnya di rubrik ekonomi, karena beliau Dosen yang juga rajin menulis.

VIDEO PILIHAN