Mohon tunggu...
Ruang Kelas

Apakah Pemanfaatan Google untuk Pembelajaran Secara Online Aman untuk Dilakukan?

20 Juni 2021   00:26 Diperbarui: 20 Juni 2021   01:01 44 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Pemanfaatan Google untuk Pembelajaran Secara Online Aman untuk Dilakukan?
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQm0BvhGBB3WkFIlG8rzy-afx2bVJ1VZe9eYg&usqp=CAU

Sudah lebih dari 1 (satu) tahun Republik Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak akibat adanya virus Covid-19. Hal ini memberikan permasalahan dalam berbagai bidang, sehingga mengubah segala pola kehidupan yang sering kita lakukan setiap hari. Salah satunya dalam sektor pendidikan. Umumnya proses belajar dan mengajar dilakukan melalui sekolah atau kampus dengan tatap muka. Namun, saat ini karena adanya virus Covid-19 hal tersebut tidak dapat dilakukan dan menyebabkan proses pembelajaran menjadi terhambat. Para pelajar harus beradaptasi dengan perubahan baru yaitu proses belajar dan mengajar dilakukan di rumah menggunakan laptop dan jaringan internet.

Proses pembelajaran melalui daring menimbulkan pro dan kontra dari berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan karena untuk mengakses berbagai macam aplikasi yang ada di google membutuhkan adanya jaringan internet yang baik. Bagi para pelajar yang bertempat tinggal di kota dan memiliki jaringan internet serta smartphone, pc, atau laptop tidak akan merasa khawatir karena pemerintah setiap bulannya memberikan kuota internet yang dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran secara online. Namun, pelaksanaan pembelajaran secara online bagi sebagian masyarakat yang tinggal di pedalaman Indonesia dan belum memiliki jaringan internet yang kuat, sulit untuk dilakukan. Hal ini yang masih harus menjadi perhatian pemerintah.

https://universitasmulia.ac.id/wp-content/uploads/2020/11/google-for-education.jpg
https://universitasmulia.ac.id/wp-content/uploads/2020/11/google-for-education.jpg

Metode pembelajaran yang dilakukan secara online dapat memanfaatkan berbagai platform yang tersedia, salah satunya aplikasi google. Didalam aplikasi google terdapat berbagai fungsi yang dapat di manfaatkan oleh para pelajar untuk melakukan proses pembelajaran bersama guru atau dosen yaitu aplikasi google meeting, serta terdapat aplikasi yang dapat digunakan oleh pengajar untuk memberikan tugas yang dapat dikerjakan oleh para pelajar menggunakan aplikasi google classroom. Aplikasi google search dapat digunakan untuk para pelajar yang ingin mencari materi yang akan dibahas saat proses pembelajar dan dapat membantu menyelesaikan tugas yang diberikan. Bahkan, bagi para pelajar yang ingin mengartikan berbagai bahasa ke bahasa Indonesia dapat dilakukan menggunakan aplikasi google translate. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi yang ada di google sangat membantu dimasa pandemi Covid-19.

Aplikasi google menawarkan berbagai kemudahan yang dapat diakses oleh penggunanya. Di era pandemi Covid-19 saat ini aplikasi google semakin gencar untuk meningkatkan kemampuannya sehingga para pengguna aplikasi google tidak akan beralih ke aplikasi flatform lainnya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa google merupakan perusahaan multinasional yang bergerak pada bidang jasa dan internet serta menjadi salah satu aplikasi yang memiliki pengguna terbanyak didunia. Diharapkan bagi para pengguna google yaitu para pelajar yang masih dibawah umur untuk selalu diawasi oleh orang dewasa dan bijak dalam menggunakan aplikasi google, sehingga penggunaan aplikasi google dapat memberikan manfaat yang positif bagi para penggunanya.

VIDEO PILIHAN