Mohon tunggu...
Rahmad Alam
Rahmad Alam Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa psikologi UST, suka menulis dan rebahan.

Seorang mahasiswa fakultas psikologi universitas sarjanawiyata tamansiswa yogyakarta yang punya prinsip bahwa pemikiran harus disebarkan kepada orang lain dan tidak boleh disimpan sendiri walaupun pemikiran itu goblok dan naif sekalipun.

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Resensi Buku: Psikopatologi dalam Kehidupan Sehari-hari Karya Sigmund Freud

8 November 2022   18:36 Diperbarui: 8 November 2022   18:40 356
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sampul depan. Sumber: Dokumen pribadi. 

*Judul Buku : Psikopatologi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
*Penerbit    : Forum
*Penulis    : Sigmund Freud
*Penerjemah    : M. Sururi
*ISBN    : 978-603-3103-01-0
*Jumlah Halaman: viii+324
*Harga    : Rp. 67.900


Psikopatologi Dalam Kehidupan Sehari-hari merupakan salah satu karya dari Sigmund Freud yang sangat terkenal dibanding beberapa karya lainnya. 

Bapak pendiri aliran psikoanalisis ini memang memiliki banyak karya baik itu di ranah psikologi maupun di ranah filsafat. Karya-karya Freud yang tak kalah terkenal seperti The Interpretation of Dream, Masa Depan Sebuah Ilusi, Moses and Monotheism dan masih banyak lagi.


Dalam buku ini, Freud mencoba untuk menelaah beberapa perilaku psikopatologi atau penyakit psikis yang sering kita alami sehari-hari.

 Kesalahan-kesalahan seperti salah mengingat nama orang dan tempat, salah mengucapkan kata-kata tertentu, hingga lupa menaruh barang dapat dijelaskan melalui pandangan psikoanalisis ala Freudian.


Buku ini berisi 12 bab yang menjelaskan mengenai beberapa perilaku kita yang mengarah pada psikopatologi "kecil" yang mengganggu. 

Saya akan meringkasnya menjadi 3 bagian saja mengenai isi buku ini yang nanti mungkin pembaca bisa melihat paparan utuhnya saat membaca buku ini nanti.


Kelupaan akan nama orang, tempat, dan lupa menaruh barang


Keterlupaan yang mencakup berbagai macam tindakan yang melupakan segala sesuatu seperti lupa pada nama orang, tempat, kata, dan juga yang meliputi tentang lupa terhadap niatan dan menaruh barang memiliki kaitan psikologis dengan alam bawah sadar kita.

Kebanyakan hal-hal yang dilupakan sebenarnya adalah usaha alam bawah sadar itu untuk merepresi agar hal itu tidak terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun