Mohon tunggu...
Bare minimum writer
Bare minimum writer Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

The past is just a story we tell ourselves -Samantha-

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Inilah Cara Terbaik Untuk Menginspirasi Anggota Organisasimu

26 Oktober 2022   13:00 Diperbarui: 26 Oktober 2022   13:02 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Hunters Race on Unsplash   

Setiap organisasi di dunia, baik besar atau kecil, pasti mempunyai pemimpin. Pemimpin ini memegang peranan penitng dalam maju mundurnya sebuah organisasi. Salah satu peran penting yang harus dijalankan oleh pemimpin adalah menginspirasi anggota-anggotanya.

Dalam melakukan perannya ini, seorang pemimpin mempunyai gayanya tersendiri. Sehingga, tak heran jika kita menemukan banyak pemimpin dengan gaya menginspirasi yang berbeda-beda. Ada yang menginsipirasi dengan cara menceritakan kisah hidupnya, menceritakan kisah hidup orang lain, hingga memberikan gambaran masa depan cerah organisasi mereka.

Namun, tahukah kamu, bahwa ada sebuah cara yang digunakan pemimpin-pemimpin terkemuka di dunia untuk menginspirasi anggota organisasinya? Cara tersebut yakni Golden Circle. Golden Circle adalah sebuah konsep yang diperkenalkan oleh Simon Sinek, seorang penulis dan pembicara motivasi.

Secara umum Golder Circle menjelaskan bagaimana para pemimpin dapat menginspirasi kerja sama, kepercayaan, dan perubahan dalam bisnis. Berdasarkan penelitiannya tentang bagaimana organisasi yang paling sukses berpikir, bertindak, dan berkomunikasi, Simon berkesimpulan bahwa mereka mulai dengan alasannya atau Why. Setelah why, lalu dilanjut dengan How dan What.

Why

Simon berkata bahwa,

"Orang tidak membeli apa yang Anda lakukan, mereka membeli alasan mengapa Anda melakukannya,"

Pertanyaan utama dari setiap organisasi atau bisnis seharusnya adalah, "Mengapa kita berada dalam bisnis atau organisasi ini?" Secara umum, organisasi nirlaba  dan pemimpin-pemimpin bisnis kecil kebingunan untuk mementukan why atau pernyataan misi mereka.

Tetapi, alasan mengapa perusahaan atau organisasi nirlaba melakukan apa yang mereka lakukan dapat memberikan efek yang berharga terhadap kemajuan organisasi.

Berikan pelanggan dan anggota organisasi alasan yang lebih kuat untuk mendukung organisasi dengan cara mendefinisikan "mengapa" di balik merek atau brand organisasi. Pernyataan "mengapa" harus dapat melampaui hal-hal yang berhubungan dengan uang.

Pernyataan misi Tesla merupakan contoh yang sangat baik dari perusahaan terkenal yang menguraikan "mengapa"nya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun