Mohon tunggu...
rahmasita
rahmasita Mohon Tunggu... Animator - aslinya mahasiswa, tapi......

hidup adalah hidup

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Lika-Liku Perjalanan Ke Blarang

2 Februari 2022   10:08 Diperbarui: 2 Februari 2022   10:55 417
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkenalkan nama ku Indah Mawaddah Rahmasita. Aku adalah salah satu anggota kelompok Niscala atau popular di sebut dengan kelompok KKM Blarang. Aku adalah anggota yang terbilang masuk ke pokja urutan terakhir. Sebelumnya aku sudah memiliki kelompok pokja sendiri dengan tempat tujuan di pesantren rakyat sumberpucung malang. Tetapi ada hal yang tidak mengenakkan sehingga kelompok pokja ku harus bubar. Pembubaran kelompok pokja ku terjadi pada empat hari sebelum pembukaan kkm. Sehingga, pada saat itu aku mengalami ke khawatiran dan membuat 3 planning tujuan pokja kkm. Adapun 3 planning yang dimaksud, yaitu :

  • Kkm balik desa asal
  • Kkm sendirian di pondoknya milik salah satu dosen
  • Kkm bersama atas rekomendasi dosen

Diantara 3 planning tersebut, akhiranya aku mimilih pilihan yang ketiga. Bagiku kkm sendirian itu tidak enak serta mempengaruhi psikis serta mental sebab tidak ada teman diskusi.

Setelah aku gabung di kelompok atas rekomendasi dosen. Aku berusaha berbaur dan mengakrabkan diri. Hal ini dilakukan karena aku dengan kelompok ini belum kenal sama sekali dan asing. Kelompok ini di berin nama Niscala dengan total anggota 14 orang yang terdiri atas tiga fakultas syariah (9 orang), fakultas humaniora (1 orang ) dan  fakultas tarbiyah ( 4 orang). Aku dengan kelompol niscala di sambut sangat baik sampai-sampai aku terkesima. Kesan ku pertama dengan kelompok niscala adalah orang-orangnya welcome dan ramah.

Selama 2 minggu sebelum pemberangkatan, kelompok ku mengadaka 4 kali rapat dengan ketentuan satu kali rapat offline. Tetapi selama rapat-rapat dan penyusunan proses ke proker, aku dan teman-teman kelompok menghadapi uas semester 5. Sehingga banyak waktu yang difokuskan ke UAS dan rapat-rapat kelompok tidak terlalaikan dan persiapan tidak 100 %.

Setelah uas selesai, kelompok ku berangkat ke tempat kkm Desa Blarang. Tetapi disini aku ndak jadi ikut berangkat bareng-bareng , penyebabnya itu adalah 30 menit sebelum berangkat, Aku ambil uang ke BRI dekat warung makan ayam ngamuk untuk simpan-simpan selama kkm, Uang sudah diambil dan balik ke tempat basecamp, HP ku jatuh dan diambil orang yang membutuhkan. Sehingga aku nyusul ketempat kkm pada hari selasa dengan dalih memblokir beberapa data penting (mbanking, nomor hp, dan lain-lainnya) yang sudah terkonek dengan hp.

Hari selasa aku berangkat ke Blarang jam 10 siang. Adapun alasannya supaya masih bisa ketemu pengendara motor atau mobil di jalan. Sebab ada sebuah rumor jalan yang akan aku lewati itu sepi dan rawan begal. Akses yang aku lewati ke Blarang adalah akses Jabung. Selama perjalanan aku habiskan dengan doa serta sholawat.

Perbatasan Malang-Pasuruan telah aku lewati. Aku disambut dengan pemandangan yang indah tapia gak berbahaya. Sebab jalan turun dan tikungan yang aku lewati sangat ekstrem. Dengan pelan-pelan aku melewati jalan tersebut dengan memotivasi diri kalua jalan ini aman.

Setelah aku melewati turuan ektrem tersebut. Aku berhenti di sebuah warung pinggir jalan. Aku berhenti karena beli bensin dan tanya jalan ke Blarang. Kata beliau "Mbknya lurus, kalua ada pertigaan mbknya belok kanan". Setelah bensin sudah di masukkan, aku melanjutkan perjalanan. Dengan PDnya aku melajukan motor di atas rata-rata dan berharap nyampek sebelum jam 2 siang. Eh teenyata, aku nyasar sangat jauh yakni di arah penanjakan Bromo. Setelah aku tanya orang lagi, aku baca maps dengan jeli. Dan aku putar balik. Kemudian aku menemukan jalan yang sesunggungguhnya.

Akhirnya aku nyampek di Desa Blarang kemudian aku menuju dusun Pronojiwo. Hal pertama yang aku pikir saat itu, "Kok jalannya kaya gini, ini dusun kok pedalaman banget". Aku sudah memasuki dusun Pronojiwo dan aku berhenti di salah satu rumah dan bertanya " dimana tempat KKM ?" dan aku ditunjukkan tempat KKM yang menjadi tujuan ku.

Di basecamp tempat KKM aku di sambut dengan santun oleh teman-teman KKM ku. Aku disuruh istirahat. Tetepi sebelum istirahat aku sholat dulu. Hal pertama yang aku rasakan saat berwudhu yaitu airnya dingin banget kaya es. Setelah sholat aku tidur sampai sore.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun