Mohon tunggu...
Rahmanda Eka
Rahmanda Eka Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi dance, kepribadian aku introvert, suka banget sama seblak.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pengalaman Pertamaku Masuk Kuliah

3 November 2022   21:32 Diperbarui: 4 November 2022   06:38 7044
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Tidak terasa sekarang sudah jadi mahasiswa , hahaha perasaan baru kemarin masih pakai baju putih abu-abu. Tepat pada 2 bulan lalu aku masuk kuliah disalahsatu Universitas di Surabaya yaitu Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) dan disini aku mengambil jurusan Gizi.

Berawal setelah aku lulus dari SMA Labschool Unesa, aku melanjutkan untuk mendaftar ke perguruan tinggi. Semula aku ingin masuk ke salah satu Universitas Negeri, namun karena aku gagal mengikuti jalur SBMPTN dan akhirnya aku sempat bingung ingin melanjutkan kuliah dimana. Hingga pada bulan Juni lalu aku mendaftar di UNUSA dan mengikuti tes, dan akhirnya diterima di jurusan Gizi. Aku memilih kuliah di kampus UNUSA, karena aku ingin mencari suasana pergaulan yang baru disini dan aku ingin juga merasakan kuliah di UNUSA itu seperti apa.

Pertama kali aku masuk kuliah sangat takut, deg-degan banget pasti karena harus bertemu orang-orang baru, lingkungan baru, kenalan mulai dari awal lagi, pokoknya bingung banget soalnya tidak ada teman untuk diajak ngobrol masih malu-malu gitu dan ada juga teman yang lain sibuk dengan temannya sendiri. Hari pertama masuk kuliah tidak ada kesan yang menarik bagiku pokoknya buat aku biasa saja dan hari pertama itu tidak ada yang menarik yang aku alami hari itu.

Hari kedua sangat berbeda dengan hari pertama, tiba-tiba disitu ada seorang teman yang mendatangiku minta kenalan dan aku dengan senang hati berkenalan dengannya, akhirnya aku mempunyai teman juga tapi lama kelamaan pertemanan itu mengalir saja dengan keakraban. Disitu kita mulai bercerita tentang kesan hari pertama masuk kuliah.

Masuk kuliah memang harus sabar dan harus bisa menahan emosi supaya tidak terjadi kesalahpahaman. Tapi namanya kuliah pasti ada enaknya dan tidak enaknya. Seperti, enaknya kalau kuliah kita bisa banyak teman dan bisa berbagi cerita tapi kalau tidak enaknnya, seperti hari pertama masuk kuliah kita jalan sendirian seperti orang kebingungan tidak mempunyai teman yang bisa diajak ngobrol. Tapi itu sudah berlalu dan bersifat sementara, selanjutnya hari kedua ini kesan yang menyenangkan buat aku bisa bertemu dengan teman-teman yang bisa saling pengertian itu lebih dari cukup buat aku.

Awal masuk kuliah ini bisa dibilang sebagai masa-masa penyesuaian, dimana perubahan dari masa sekolah ke perkuliahan perlu dilakukan penyesuaian diri. Misalnya, biasanya di sekolah memakai seragam, sekarang memakai pakaian bebas tetapi tetap menjaga kesopanan dalam berpakaian. Dahulu waktu di sekolah disebut siswa, sekarang disebutnya mahasiswa. Begitu juga dengan pengajarnya yang biasanya aku panggil beliau guru, tetapi sekarang aku memanggilnya dosen. Kesan pertama saat diajar oleh dosen, beliau terlihat lebih santai dalam memberikan sebuah materi tidak sama seperti guru sewaktu zaman aku sekolah dahulu. Tetapi tetap saja tugas yang diberikan dosen sama seperti zaman aku di sekolah, yaitu ada tugas individu atau tugas kelompok yang harus dikumpulkan tepat waktu.

Sekian cerita mengenai pengalaman aku pertama masuk kuliah, semoga menghibur, terima kasih.

Nama : RAHMANDA EKA MEYVIANA
NIM    : 2330022030
Prodi  : S1 Gizi
Universitas : Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA)

Tugas UTS Bahasa Indonesia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun