Mohon tunggu...
Rahman AlamsyahPutra
Rahman AlamsyahPutra Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Peran Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

29 Oktober 2020   21:07 Diperbarui: 29 Oktober 2020   21:15 18 0 0 Mohon Tunggu...

1. Peranan Bisnis : Karena memulai kegiatan bisnis suatu perusahaan akan mendapat memenuhi setiap kebutuhan (Needs) keingian (Wants) dari masyarakat konsumen yang beraneka ragam.

2. Aktivitas Bisnis : Suatu jeni kegiatan yang dilakukan sesesorang atau beberapa orang yang berhubungan dengan transaksi penjualan barang maupun jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan berupa penghasilan.

Aktivitas Bisnis dibagi menjadi 3 kelompok yaitu :

  • Produksi : ¬†Kegiatan produksi adalah kegiatan yang bertujuan menghasilkan dan/atau menambah nilai guna dari barang atau jasa. Tujuan dari kegiatan produksi adalah menghasilkan barang atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Distribusi : kegiatan menyalurkan barang dari pihak produsen kepada konsumen. Tujuan dari kegiatan distribusi adalah supaya barang atau jasa yang disalurkan dapat tersebar luas ke konsumen yang membutuhkan.
  • Konsumsi : Konsumsi adalah kegiatan menghabiskan atau mengurangi nilai guna barang untuk memenuhi kebutuhan. Tujuan dari kegiatan konsumsi adalah memenuhi kebutuhan umat manusia.

3. Etika Bisnis : sebuah kata yang berarti ethos (berasal dari Bahasa Yunani).cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, dan masyarakat.

Contoh masalah etika dalam bisnis : Penipuan, Paksaan, Pencurian, Penyuapan, Diskriminas.

4. Peran pemerintah dalam mendorong perilaku etis : Pemerintah dapat mendorong perilaku etis dengan memperketat regulasi. Diantara semuanya, hukum berkaitan dengan tanggung jawab perusahaan, konflik kepentingan, dan akuntabilitas perusahaan.

5. Peran Asosiasi perdagangan dalam mendorong perilaku etis : Asosiasi perdagangan sering memberikan panduan etika bagi anggotanya.Organisasi ini yang beroperasi dalam industri tertentu, berada dalam posisi yang baik untuk menekan anggota yang menjalankan praktik bisnis secara meragukan.

6. Peran perushaan dalam mendorong perilaku etis :

Perilaku terhadap karyawan.

Perilaku terhadap organisasi.

Perilaku terhadap Agen ekonomi lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN