Mohon tunggu...
Rahma Kurniasari
Rahma Kurniasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswi ilmu komunikasi dengan konsentrasi komunikasi strategis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Selain Menyelenggarakan Sosialisasi Optimalisasi Konten dan Branding Instagram Kepada Karang Taruna Tegalombo, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Turut Serta Kelola Konten Instagram Pasar Tegalan

13 Agustus 2022   23:00 Diperbarui: 13 Agustus 2022   23:03 304
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salatiga (13/08/2022) -- Instagram merupakan sosial media yang memberikan layanan berbagi foto dan video secara online. Instagram menjadi media sosial yang digunakan oleh banyak orang termasuk masyarakat Indonesia. Melansir dari publikasi alat periklanan Meta, diketahui bahwa Instagram memiliki 88,15 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022, yakni setara dengan 35,7% dari total populasi di awal tahun. Kaitannya dengan promosi, Instagram menjadi salah satu platform yang dapat menyajikan visual dengan baik dikarenakan dapat memudahkan pebisnis dan pengguna dalam menjelaskan produk dan meningkatkan branding produk sehingga dapat menarik perhatian konsumen.

Melihat potensi pemanfaatan fitur-fitur Instagram dalam meningkatkan citra serta penjualan produk yang dapat digunakan pada Pasar Tegalan, maka diperlukan sosialisasi kepada teman-teman Karang Taruna Tegalombo yang rata-rata berusia 17-19 tahun untuk dapat membantu berkontribusi mempromosikan Pasar Tegalan melalui Instagram Pasar Tegalan. 

Oleh sebab itu, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2022 melakukan sosialisasi tentang optimalisasi konten dan branding Instagram kepada Karang Taruna Tegalombo melalui kegiatan penyampaian materi dan diskusi tanya jawab yang dilakukan pada Minggu (31/07/2022) pukul 10.00 WIB bertempatan di Wisma Benedicta, Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Materi sosialisasi optimalisasi konten dan branding Instagram diberikan dalam bentuk power point sebagai bahan diskusi dan booklet online sebagai bahan pembelajaran berkelanjutan Karang Taruna Tegalombo yang memuat materi berkaitan dengan copywriting, branding, konten kreatif, serta marketing Instagram.

Adapun sebagai salah satu potensi wisata Kota Salatiga, Pasar Tegalan juga memanfaatkan Instagram sebagai media promosi kegiatan pasar yang menawarkan wisata alam sekaligus belanja aneka makanan tradisional dengan ciri khas transaksi menggunakan kepingan bambu yang sebelumnya ditukarkan pada booth yang tersedia.

dokpri
dokpri

Oleh karena itu, demi mendorong promosi Pasar Tegalan yang akan segera diadakan kembali, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2022 berinisiatif untuk turut serta berkontribusi dalam memproduksi serta mengunggah konten kreatif di Instagram Pasar Tegalan. 

Konten kreatif diunggah pada tanggal 10 -- 13 Agustus 2022 dengan jadwal postingan pukul 19.00 WIB, adapun konten berisikan dengan hal-hal yang dapat menarik minat masyarakat seperti mengenalkan berbagai jajanan tradisional, hiburan, hingga hal-hal unik yang hanya dapat ditemui apabila berkunjung ke Pasar Tegalan. Produksi dan unggahan konten kreatif juga melalui persetujuan Ketua Kelompok Sadar Wisata. Melalui kontribusi terhadap pengelolaan konten Instagram Pasar Tegalan, diharapkan Kelompok Sadar Wisata, Karang Taruna, hingga pengelola Pasar Tegalan dapat meningkatkan kreativitas dalam produksi konten kreatif dan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di sosial media sebagai alat promosi kepada masyarakat luas sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke Pasar Tegalan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun