Mohon tunggu...
Rahmah Nur Iffah
Rahmah Nur Iffah Mohon Tunggu... Mahasiswa - UPI

Menulis dan terus belajar

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Novel "Nebula" dan Pesan Moral bagi Pengembangan Karakter

26 Mei 2023   19:59 Diperbarui: 26 Mei 2023   20:28 926
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Pesan moral menjadi salah satu unsur intrinsik dalam sebuah teks narasi, terutama dari sebuah novel. Selalu ada hikmah yang didapat dari seseorang yang membaca sebuah karya novel, baik fiksi maupun nonfiksi. Umumnya pesan-pesan moral yang disampaikan penulis kepada pembacanya dapat dijadikan media atau alat untuk pengembangan karakter seseorang. Dalam novel Nebula karya Tere Liye memiliki pesan moral yang dapat dipetik guna perkembangan karakter anak. Novel ini cenderung membahas kehidupan seorang remaja. Maka dari itu, pesan moral yang tersalurkan pun lebih dikhususkan untuk pengembangan karakter anak dan remaja. Adapun pesan moral yang dapat dijadikan media pengembangan karakter anak dan remaja pada khususnya ini adalah sebagai berikut.

  • Kesetiakawanan

Salah satu pesan moral yang dapat dipetik dan sangat terlihat dari novel ini adalah bagaimana kesetiakawanan tokoh Selena, Mata, dan Tazk dalam cerita ini. Banyak peristiwa yang terjadi di dalam cerita ini selalu melibatkan ketiga sahabat ini. Rasa persahabatan mereka sangat kental meskipun selalu ada saja penghalang yang bisa saja memecah belah mereka. Namun, pada akhirnya mereka saling menolong dan bahu-membahu dalam menyelesaikan masalah yang terjadi selama alur cerita berjalan. 

Contoh kecilnya adalah saat ketiga tokoh ini melakukan latihan bertarung di ABTT. Mereka saling bekerja-sama untuk menyelesaikan misi yang diberikan. Contoh lainnya yang sangat mengejutkan adalah rasa kesetiakawanan mereka,walaupun slah satu diantara mereka ada yang berkhinat. Namun, pada akhirnya mereka tetap saling bahu-membahu menghadapi masalah yang menghadang mereka, hingga berhasil menang dan mengatasi masalah serius yang telah terjadi.

Sikap seperti ini merupakan sikap sejati seorang sahabat dalam menjalin sebuah hubungan pertemanan. Dari cerita ini kita mengambil hikmah bahwa kesetiakawan bisa menyelesaikan masalah yang ada. Tanpa adanya kerjasama diantara mereka mungkin saja masalah mereka tidak akan selesai atau bahkan menjadi lebih rumit. Jika sikap ini ditanamkan dalam karakter anak yang memiliki hubungan sosialisasi yang perlu dikembangkan, dapat menjadikan anak-anak memiliki hubungan pertemanan yang baik. 

  • Jangan Pernah Menyerah

Dalam cerita ini, dikisahkan bahwa mereka harus melawan raksasa-raksasa yang ada di klan Nebula. Jumlah raksasa ini sangat banyak dan sangat ganas, tetapi penduduk klan Nebula tetap berjuang tanpa menyerah untuk melindungi klannya yang sekaligus melindungi keseimbnagan dunia pararel. Meskipun mereka harus mengorbankan nyawa dan tenaga habis-habisan. Jika saja ada diantra mereka yang menyerah, mungkin saja keseimbanagan dunia pararel akan hancur. 

Sikap yang dimiliki oleh penduduk klan Nebula ini patut diteladani dalam mengembangakan karakter individu yang baik. Anak-anak yang dididik dengan sikap pantang menyerah akan selalu berani menghadapi rintangan yang ada di depannya. Karena jika seseorang bersungguh-sungguh dan tidak mudah menyerah, segala yang ada dihadapan mereka pasti bisa diatasi dengan usaha yang maksimal. 

  • Mematuhi Aturan dan Disiplin

Dari cerita ini digambarkan bahwa Selena, Mata, dan Tazk cenderung melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, baik di ABTT atau bahkan di lingkungan sosial mereka. Terlihat saat mereka mencuri salah satu gerbong kereta bawah tanah untuk menuju ke ABTT. Mereka melanggar aturan yang seharusnya tidak dilakukan. Yang terjadi bukanlah mereka sampai tepat waktu, melainkan mendapatkan masalah karena perbuatan mereka diketahui petugas kereta bawah tanah.

Dari penggalan cerita itu, kita bisa mengambil hikmah bahwa saat melanggar aturan, bukan hal yang inginkan akan tercapai, melainkan akan mendatangkan masalah baru yang mungkin lebih sulit untuk diatasi. Dengan memiliki karakter yang disiplin dan taat pada aturan kita bisa menghindari kesalahan lain yang tidak bisa diatasi. Karena jika dari awal atau sejak dini seorang anak memiliki karakter disiplin, ia akan menjalani hidupnya sesuai dengan aturan tanpa takut menghadapi masalah yang sulit diatasi. Sehingga hidupnya dapat lebih tentram dan damai. 

  • Kreatif 

Sikap kreatif harus dimiliki oleh setiap individu. Dalam menyelesaikan suatu masalah, ada kalanya membutuhkan solusi yang kreatif dengan memanfaatkan yang sudah ada dan memikirkannya secara menyeluruh untuk mengatasi masalah tersebut. Bukan dengan solusi praktis yang hanya menyelesaikan satu masalah dan menambah masalah baru. Namun, dari cerita ini kita bisa melihat bahwa cara kreatif bukan berarti harus melakukan hal yang ribet, tetapi terkadang cukup menggunakan cara yang sederhana, seperti saat Selena mengenakan kerang laut untuk menjernihkan air, disaat teman-temannya sibuk membuat cairan penjernih. Hal sederhana inilah justru yang bisa menyelesaikan masalah saat itu. Sesuatu yang terkadang berbeda dari orang lain, tetapi nantinya diakui oleh orang lain akan solusinya.

Sikap kreatif seperti ini harus dikembangakan sejak kecil untuk mengembangakan jiwa kreatif anak-anak. Begitu pula bagi remaja yang sering menghadapi permasalahan dalam hidupnya. Hal-hal kreatif seperti yang dilakukan Selena patut dicontoh oleh remaja zaman sekarang yang cenderung memakai hal yang sudah ada tanpa dibubuhi kreatifitas terlebih dahulu, hingga hasilnya sama saja tanpa ada inovasi baru. Jika kreatifitas anak terus dikembangakan, masalah-masalah dalam kehidupan anak dapat lebih mudah diatasi dengan berpikir kreatif tersebut. Pembentukan karakter seperti ini sangat dibutuhkan di zaman sekarang yang minim akan inovasi baru dalam berbagai aspek kehidupan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun