Mohon tunggu...
Rahmadi Salman
Rahmadi Salman Mohon Tunggu... ikhtiar untuk terus menginspirasi

Pegiat literasi dan pendidik sekarang tinggal di KabupatenTanah Laut Kalimantan Selatan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Guru: Merdeka Belajar, Merdeka Berkarya

26 November 2020   16:09 Diperbarui: 26 November 2020   16:10 482 4 1 Mohon Tunggu...

Guru merupakan sosok yang memiliki kemampuan dan kompetensi yang dapat dibanggakan untuk menjadi anak didiknya menjadi generasi yang berakhlak mulia dan memiliki keterampilan hidup sehingga dapat beraktivitas dan berinteraksi serta dapat hidup dengan hidup dengan layak. 

Sebagai guru, tentu memiliki tanggung jawab moral terhadap kondisi prilaku anak-anak dan generasi yang akan datang.

Seiring dengan itu, pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengangkat tema pada acara peringatan HGN 2020 ini, yaitu Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar

Di masa Pandemi Covid-19 ini, komponen terpenting dalam pendidikan dihadapkan dengan berbagai macam permasalahan yang harus diselesaikan dan dituntaskan,yaitubagi guru, orang tua, siswa dan pemerintah.

Bagi seorang guru permasalahan yang dihadapi tidak hanya pada metodologi maupun strategi pembelajaran, akan juga kepada aplikasi saat pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini. 

Banyak hal yang harus dilakukan pada saat PJJ ini. Di antaranya kuota dan jaringan internet. Juga bagaimana menjadikan pembelajaran tersebut menarik dan menyenangkan. 

Demikian juga yang dihadapi oleh orang tuda dan siswa,  diantaranya pendampingan yang dilakukan orang tua selama belajar dari rumah. Banyak hal yang tidak bisa dilakukan, karena diketahui bahwa tidak semua orang tua menguasai materi pelajaran yang diberikan oleh gurunya dari sekolah. 

Berbicara tentang merdeka belajar, maka tidak hanya terfokus kepada siswa yang merdeka mengekspresikan perasaan dalam pembelajaran akan tetapi juga adanya kemerdekaan yang dilakukan oleh guru. 

Berkarya merupakan hal yang harus dilakukan oleh guru. Dengan kemerdekaan berkarya maka seorang guru diberikan kebebasan untuk melakukan berbagai hal dan berkreasi baik dalam pembelajaran maupun dalam menunjang pembelajaran tersebut. 

Salah satu bagian dari kemerdekaan berkarya bagi seorang guru antara lain menciptakan sesuatu yang berguna bagi siswanya. Juga berkarya untuk dirinya sendiri. Hal ini bisa dilakukan melalui karya tulis dan karya buku yang dibikinnya. 

Dengan semangat peringatan Hari Guru Nasional Tahun ini mari seluruh guru Indonesia berkarya dan berkarya. 

Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2020

Pilar Langit Utama Pelaihari, 26 November 2020

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x