Mohon tunggu...
Rahmad NandaNicola
Rahmad NandaNicola Mohon Tunggu... manusia biasa

tetap semangat

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Kemiskinan Menghantui Kabupaten Banjar

17 Desember 2019   15:32 Diperbarui: 17 Desember 2019   17:31 171 0 0 Mohon Tunggu...

Name              : Rahmad Nanda Nicola

Majors            : Economics and Development Studies

Faculty           : Faculty Economics and Business

University       : Lambung Mangkurat University

"Kemiskinan Menghantui Kabupaten Banjar"

 Kabupaten Banjar merupakan salah satu dari sebelas Kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan. Kabupaten Banjar sendiri memiliki dua puluh (20) Kecamatan dan terdiri dari 290 Desa yang tersebar disetiap penjuru Kabupaten Banjar. Jumlah penduduk yang ada di kabupaten banjar sangatlah banyak, beberapa tahun kebelakang jumlah penduduk di Babupaten banjar relatif mengalami fluktuasi, meskipun banyak penduduk nya tidak menutup kemungkinan di Kabupaten Banjar juga banyak mengalami masalah dalam pembangunan Ekonomi. Pembangunan ekonomi sangat menjadi pendorong untuk pertumbuhan ekonomi, jika pembangunan ekonomi mengalami banyak masalah, maka akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi.

Banyak masalah dalam pembangunan ekonomi, dalam masalah tersebut pasti akan ada solusi untuk menangani, berbagai masalah tesebut ialah, kemiskinan, kesenjangan sosial, pengangguran. Salah satu yang sangat menghantui Kabupaten Banjar ialah pengangguran yang dapat menyebabkan bukan hanya masalah pembangunan ekonomi seperti kemiskinan, tetapi juga dapat menyebabkan kriminalitas. Sebelumnya, pengertian pengangguran Menurut Sukirno (2004: 28) pengangguran adalah jumlah tenaga kerja dalam perekonomian yang secara aktif mencari pekerjaan tetapi belum memperolehnya. Ketika orang tidak memiliki pendapatan, itu akan memicu terjadinya kemiskinan, kemiskinan dikabupaten banjar juga disebabkan beberapa faktor.

Tingginya angka Kelahiran Penduduk

Angka kelahiran yang semakin meningkat itu akan menjadi salah satu faktor penyebab kemiskinan karena dapat meningkatkan laju pertumbuhan penduduk menjadi besar yang akan menyebabkan membeludaknya jumlah penduduk. Apabila pertumbuhan penduduk ini tidak sebanding dengan pertumbuhan ekonomi, maka hal tersebut mengakibatkan angka kemiskinan yang semakin meningkat.

Kurangnya keterampilan di dalam diri 

Banyak Manusia yang di dalam dirinya tidak mempunyai keterampilan apa-apa, sungguh sangat tidak semudah jika tidak memiliki keterampilan ketika mencari pekerjaan. Bahkan sebagian dari mereka kebanyakan ditolak ketika ingin melamar pekerjaan di suatu tempat karena tidak memiliki keterampilan yang ada pada dirinya yang mengakibatkan mereka merasa putus asa dan tidak ingin lagi untuk mencari pekerjaan. Akhirnya mereka berdiam diri secara terus-menerus dengan tidak melakukan kegiatan yang bermanfaat. Inilah yang akan menyebabkan terjadinya pengangguran, awal mula faktor untuk menuju masalah kemiskinan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN