Mohon tunggu...
Rahmad Hidayat
Rahmad Hidayat Mohon Tunggu... Influencer | Marketing | Blogger

Selalu berusaha menjadi pribadi yang bermanfaat bagi yang lain.. Admin : https://www.ahmaddzaki.id

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Kentut Hitam dari Knalpot Bus Kota

12 Juni 2019   13:50 Diperbarui: 12 Juni 2019   14:09 0 3 0 Mohon Tunggu...
Kentut Hitam dari Knalpot Bus Kota
Sumber : Zonamotor.net

Sebagai biker sejati, naik motor menjadi pilihan alternatif minim macet untuk berangkat maupun pulang kerja.

Tapi jika dibandingkan dengan naik mobil, naik motor juga memiliki kekurangan terutama saat hujan dan saat siang hari.

Pada saat sedang panas-panasnya, kadang merasa lelah dan pengen cepet-cepet sampai ketujuan, apalagi jika jalanan macet dan banyak polusi. Duhhh dek?

Paling kesel yaa kalau berada dibelakang bus kota, sudah susah nyalipnya.. ehhh pas bus akselerasi dapat kentut hitam dari pant*atnya bus kota.

Kan ngeselin.. wajah cerah berseri-seri saya jadi kelihatan kusam dan tak kelihatan item. *udah item nding.. hihi.

Pada bus yang kebanyakan menggunakan mesin diesel, asap hitam memang sudah wajar. Tapi jika asap hitam yang melebihi batas, tentu ada ketidaknormalan yang terjadi, entah itu pada mesinnya, pembakaranya, sistem bahan bakarnya,  atau malah drivernya yang salah memainkan gigi percepatan.

Ketahuilah bahwa asap hitam yang keluar dari knalpot, merupakan akibat dari pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Tidak sempurnanya pembakaran ini disebabkan oleh ketidaknormalan yang telah disebutkan di atas tadi.

Yang pasti, setiap pengelola angkutan umum harus rajin-rajin merawat mesin semua bus tersebut. Jika mesin beserta sistem bahan bakarmya dirawat dengan baik, pasti asap hitam yang keluar akan normal.

Bila perlu secara rutin melakukan tes emisi gas buang untuk mengukur apakah polusi yang keluar dari knalpot itu masih sesuai dengan standar atau tidak.

Jika tidak, yaaa harus diperbaiki. Agar lebih ramah lingkungan, membuat nyaman dan asapnya tidak mengganggu pengguna jalan lain.