Mohon tunggu...
Rahmad Hidayat
Rahmad Hidayat Mohon Tunggu... Influencer | Marketing | Blogger

Selalu berusaha menjadi pribadi yang bermanfaat bagi yang lain.. Admin : https://www.ahmaddzaki.id

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Dengan Hobi

11 Juni 2019   22:10 Diperbarui: 11 Juni 2019   23:02 0 3 0 Mohon Tunggu...
Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Dengan Hobi
Sumber: pixabay.com

Bagi kalian yang baru saja lulus sekolah di tingkat sekolah menengah atas (SMA), ada beberapa pilihan pertimbangan apakah mau lanjut ke perguruan tinggi atau bekerja. Tapi rata-rata sih kalau untuk SMA lanjut ke PTN yaa, sementara kalau SMK lebih banyak lanjut ke-bekerja. 

Nah, sebelum memilih kampus yang akan dimasuki, langkah pertama adalah memilih jurusan yang tepat alias sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki. Setelah ketemu jurusannya yang pas, tinggal pilih kira-kira  kampus mana yang bagus untuk jurusan tersebut.

Memilih jurusan kuliah terkadang membuat para calon maba sedikit bingung, apalagi jika sewaktu SMA tidak memiliki kecenderungan bakat dibidang apa. Biasanya justru orang tuanya lah yang memilihkan dijurusan apa nanti kuliahnya. Jika ayahnya dokter yaa masuk ke fakultas kedokteran, jika ayahnya guru ya masuk ke fakultas pendidikan, jika ayahnya pengusaha ya masuk ke fakultas ekonomi.

Tapi kamu juga memiliki kebebasan lhoo untuk memilih, karena kamulah yang nantinya akan merasakan kuliah. Saya memiliki beberapa tips dalam memilih jurusan kuliah sesuai dengan hobi kalian. Bagaimana caranya? Simak berikut ini :

Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Dengan Hobi

1. Pilih setidaknya 3 hobi/kesukaan/minat yang paling kamu sukai

Silahkan ambil kertas dan catat 3 hobi/kesukaan/minat yang paling sering kalian lakukan seperti menulis, membaca, main game, olahraga.

2. Pertimbangkan juga dengan bakatmu dan cita-cita

Catat juga bakat yang kamu miliki, apakah memiliki suara bagus, cekatan, disiplin, teliti dan lain sebagainya.

Kalau besar aku pengen jadi apa ya? Catat juga cita-citamu dulu yaa.. 

3. Tentukan jurusan kuliahmu sesuai dengan hobi dan bakatmu

Setelah menemukan hobi dan bakatmu, coba deh cari hubungan antar keduanya. Mana kira-kira yang paling cocok.

a. Jika kamu seorang yang suka mempengaruhi orang lain, suka bernegosiasi, ngeyel. Mungkin kamu cocok jadi pemimpin. Pilih jurusan manajemen atau hukum.

b. Jika kamu memiliki hobi main game. Jurusan yang mungkin cocok : Teknik Informatika, software enginerring, teknologi game, animasi.

c. Jika kamu suka berhitung (matematika) pilih jurusan : aktuaria, akuntansi, matematika, statistika.

d. Jika kamu suka menggambar pilih jurusan : seni rupa, desain komunikasi visual, fashion design, arsitektur, desain grafis, teknik sipil

e. Jika kamu suka traveling maka pilih jurusan : hubungan internasional, arkeologi, pariwisata, sosiologi, antropologi, perencanaan wilayah dan kota, kehuataan.

f. Jika kamu suka menulis pilih jurusan : jurnalistik, seni, perpustakaan,

g. Jika kamu suka olahraga pilih jurusan : fakultas ilmu keolahragaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2