Mohon tunggu...
Rahmad Hidayat
Rahmad Hidayat Mohon Tunggu... Influencer | Marketing | Blogger

Selalu berusaha menjadi pribadi yang bermanfaat bagi yang lain.. Admin : https://www.ahmaddzaki.id

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Banyak Planet Tak Bisa Dihuni Manusia, Lalu Fungsinya Apa Dong?

11 Juni 2019   04:30 Diperbarui: 11 Juni 2019   05:47 1662 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Banyak Planet Tak Bisa Dihuni Manusia, Lalu Fungsinya Apa Dong?
Sumber: Pixabay.com

Hey gengs.. Kira-kira masih hafal ngga nih nama-nama planet yang dulu wajib kita hafalin karena masuk dalam kurikulum ujian Sains untuk SD dan SMP.  

Nama-nama planet seperti Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus itulah yang sudah kita kenal sejak SD dan merupakan bagian dari galaksi Bima Sakti. Menariknya, di alam semesta yang sungguh besar ini tidak hanya terdiri dari satu galaksi saja, dan setiap galaksi terdapat planet. Jadi jumlah planet itu sangat banyak bukan?

Pernah ngga sih merenung gitu, ketika sore-sore dengan angin sepoi-sepoi dan berfikir "buat apa yaa planet yang banyak itu? Bukankah ngga bisa dihuni? Lalu apa dong fungsinya?"

Alam semesta yang merupakan ciptaan Allah yang Maha Besar ini memang masih menyimpan misteri, kalau dulu saya pernah mengkhayal begini "Mungkin planet lain ngga bisa kita tempati, tapi mungkin ada makhluk lain selain manusia yang tinggal di dalamnya. Atau alien itu benar adanya?". Ha ha ha, itu hanya mengkhayal sih.

Berbagai penelitian dan studi telah dilakukan untuk meneliti planet-planet ini, awalnya mereka meneliti bumi yang kita tempati. Memulai dari pertanyaan mengapa bumi ini bisa ditempati? Hingga kemudian mereka juga meneliti unsur-unsur dalam planet lain, apakah memiliki unsur yang sama dan pantaskah jika ditempati manusia. Hingga sekarang, belum ada studi yang menyatakan planet lain dapat dan layak dihuni oleh manusia dan makhluk hidup lainnya, walaupun kabarnya planet Mars memiliki unsur yang hampir sama dengan di bumi yaitu terdapat oksigen, co2, hidrogen dkk. Tapi, nyatanya sampai sekarang juga belum ada kan yang pindah ke Mars? Ha ha..

Terlepas salah atau benar itu hanya Allah yang tahu. Yang pasti adanya planet-planet telah membuka cakrawala dunia bahwa alam semesta ini sangat luas dan besar. Membuat manusia semakin tergugah dan penasaran dengan isi dari alam semesta ini. Sehingga kita dapat melihat betapa perkembangan ilmu astronomi juga semakin pesat, sehingga tidak hanya tentang bumi dan planet saja yang dipelajari, tapi juga tentang matahari, bintang, galaksi, meteor, bulan, gerhana matahari dan lain sebagainya.

Tidak ada yang sia-sia dan Sebagai Tanda Bagi Orang Yang Berfikir (Berakal)

Bukan orang yang beriman namanya jika menganggap sesuatu hal ciptaan Allah itu tiada gunanya, seperti planet-planet ini. Pasti ada fungsinya yang mungkin saja kita belum mengetahuinya secara pasti. Allah telah berfirman dalam Qur'an Surah Ali-Imran ayat 190 - 191 :

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ  الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ 

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”. [Ali ‘Imran/3:190-191].

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN