Mohon tunggu...
Rahmad Hidayat
Rahmad Hidayat Mohon Tunggu... Influencer | Marketing | Blogger

Selalu berusaha menjadi pribadi yang bermanfaat bagi yang lain.. Admin : https://www.ahmaddzaki.id

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana Pilihan

Pahala Puasa Syawal dan Batas Terakhir Puasa Syawal

8 Juni 2019   14:52 Diperbarui: 8 Juni 2019   14:54 886 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pahala Puasa Syawal dan Batas Terakhir Puasa Syawal
Sumber : Pixabay.com

Pahala Puasa Syawal dan Batas Terakhir Puasa Syawal - Setelah 30 hari kita berpuasa di bulan yang barokah, maka kita merayakan Idul Fitri 1440 dan melaksanakan Sholat Ied pada tanggal 1 Syawal 1440/5 Juni 2019 kemarin.

Sepertinya kebiasaan berpuasa selama Ramadhan ini masih terbayang-bayang, seperti masih pengen untuk berpuasa. Perutpun seperti belum terbiasa lagi untuk makan siang dalam jumlah yang banyak.

Maka dari itu, kita gunakan kesempatan baik ini untuk menjalankan sunnah Rasul yaitu berpuasa selama 6 hari di bulan syawal atau yang biasa disebut dengan Puasa Syawal.

Pahala Puasa Syawal

Ngomong-ngomong masalah pahala puasa syawal yang akan kita dapat, maka hanya Allah yang tahu. Tapi kita dapat mengetahui keutamaan-keutamaan puasa Syawal sesuai yang disabdakan oleh Rasulullah SAW. Asalkan kita tulus ikhlas karena Allah swt, maka InsyaAllah kita akan mendapatkan sesuai dengan yang Rasulullah katakan.

Pahala atau keutamaan puasa syawal ini  terdapat dalam hadits puasa syawal yakni sebagai berikut :

Dari Tsauban, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa berpuasa enam hari setelah hari raya Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. [Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal]." (HR. Ibnu Majah dan dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Irwa'ul Gholil).

Dari hadits di atas maka dapat diketahui bahwa pahala puasa syawal sebanyak 6 hari setelah puasa 30 hari Ramadhan adalah seperti puasa 1 tahun penuh. Hal tersebut di dapat dari puasa yang dilipatgandakan oleh Allah minimal 10 kali. (30+6) x 10 = 360 hari (1 tahun).

Tentu pahala tersebut bisa lebih karena Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Allah bisa saja melipatgandakan menjadi 100 kali bahkan 700 kali lipat. Tergantung dari keihklasan kita dan kemurahan Allah swt.

Kapan Batas Terakhir Puasa Syawal?

Puasa syawal dapat dilaksanakan selama 1 bulan syawal. Diutamakan berurutan namun jika keberatan dibolehkan untuk tidak berurutan. Jika 1 Syawal 1440 adalah tanggal 5 Juni 2019. Dalam kalender Islam tahun 2019, jumlah hari dalam bulan syawal hanya 29 Hari. Maka berakhirnya bulan Syawal adalah pada 3 Juli 2019 (29 Syawal 1440).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN