Mohon tunggu...
Rahmad Hidayat
Rahmad Hidayat Mohon Tunggu... Penulis - Influencer | Marketing | Blogger

Selalu berusaha menjadi pribadi yang bermanfaat bagi yang lain.. Admin : https://www.ahmaddzaki.id

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Sering Muntah Setelah Makan? Mungkin Ini Sebabnya

3 Juni 2019   11:40 Diperbarui: 20 April 2021   12:42 4208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mutah setelah makan? Mungkin ini penyebabnya! | Sumber : pixabay.com

Setelah makan seharusnya kita merasa kenyang dan nyaman karena perut yang kosong sudah terisi kembali. Apalagi jika yang kita makan itu merupakan bikinan istri atau pacar, sudah pasti lah kita senang. Tapi mengapa pada saat-saat tertentu, kita justru mual-mual dan pingin muntah? 

Ini yang juga sering saya alami, rasanya kurang enak dan perut seperti penuh sesak. Bahkan berefek pada tubuh saya yang kelihatan loyo seperti orang mabuk. Anehnya, tubuh saya kembali normal setelah saya muntahkan sebagian yang saya makan. Sebenarnya apa penyebabnya?

Penyebab Muntah Setelah Makan

Mual dan muntah setelah makan menandakan ada ketidak beresan pada makanan yang kita makan atau pada saluran pencernaan kita. Setelah saya cari-cari di internet, akhirnya saya merangkum ada beberapa penyebab muntah setelah makan. Dan setelah ditelusur, ketemulah bahwa penyebab saya sering muntah adalah karena asam lambung yang naik. Ini terjadi terutama ketika saya makan makanan pedas, asam, minum kopi, minum susu bahkan minum coklat dalam jumlah banyak juga membuat perut saya tidak nyaman.

Nah, biar sekalian bermanfaat buat yang lain. Apa yang saya rangkum tadi saya bagikan dengan kompasianer disini. Siapa tahu ada sebagian dari kalian yang juga mengalami hal yang sama. Buat yang masih sehat, jaga kesehatan dan biasakan gaya hidup sehat yaa..!  Oke berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab muntah setelah makan : 

Baca Juga: Anorexia Nervosa, Disorder yang Menghalangi Puasa

1. Asam Lambung Naik

Bagi penderita maagh dan asam lambung, ada beberapa makanan yang harus dihindari, umumnya yang bersifat asam, pedas kaya lemak dan berminyak. Kalau minuman ya kopi, coklat, susu, dan alkohol. Biasanya asam lambung akan kambuh ketika makan makanan tersebut, gejalanya seperti perut kembung, mual-mual, sesak pada dada atau perut, bahkan sering membuat orang tersebut muntah. 

Pengalaman pribadi, untuk mengatasi hal ini maka saya memilih tindakan preventif yaitu menghindari makanan-makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung. Selain itu juga dengan menjaga kesehatan dengan rutin olahraga dan makan makanan yang sehat dan bergizi.

2. Alergi

Mual dan muntah setelah makan juga disebabkan oleh alergi pada makanan. Alergi pada makanan ini seringkali tidak disadari oleh penderita. Alergi pada makanan akan membuat reaksi dari sistem kekebalan tubuh kita yang membuat dilepaskannya zat kimia layaknya histamin sehingga membuat gejala seperti gatal-gatal, mual, muntah, dan lain-lain. Beberapa contoh alergi pada makanan antara lain kacang, terlur, makanan laut atau susu. 

3. Keracunan

Makanan yang telah kadaluarsa atau mengandung bahan berbahaya tentu sangat membahayakan bagi tubuh yang memakannya, terutama dikarenakan pada makanan tersebut mengandung bakteri, virus, parasit atau bahan kimia tertentu. Sebagai akibatnya tubuh akan merasa mual-mual, muntah, diare, demam bahkan dapat berujung kematian.

Nah, itu adalah beberapa penyebab muntah setelah makan. Semoga dapat menjadi perhatian kita bersama agar terus berhati-hati dan memperhatikan apa yang kita makan. Jangan lupa share ini ke teman-teman kalian ya.. Mari kita saling mendoakan semoga kita selalu diberi kesehatan, dan yang sedang sakit semoga segera diberi kesembuhan, Aamiin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun