Mohon tunggu...
Rahma Dwi Safitri
Rahma Dwi Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiwa Ilmu Komunikasi

Independent

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jarang Diketahui, Berikut Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

22 November 2021   16:52 Diperbarui: 27 Desember 2021   15:30 129 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menjaga kesehatan gigi dan mulut sama dengan menjaga kesehatan seluruh tubuh kita. (Dok. Freepik/Racool_studio)

Gigi dan mulut yang bermasalah bisa menimbulkan komplikasi serius, bukan hanya di gigi dan mulut, tapi juga berdampak pada seluruh tubuh . Mulut adalah gerbang bagi kesehatan tubuh. Bila mulut tidak sehat, tubuh bisa ikut tidak sehat. Begitu juga sebaliknya, bila tubuh tidak sehat, tidak jarang gejalanya terlihat pada mulut. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut agar kesehatan tubuh secara menyeluruh juga dapat terjaga.

Tidak sedikit masyarakat yang menganggap remeh permasalahan pada gigi dan mulut. Apalagi saat masa pandemi, masyarakat lebih berfokus pada kesehatan fisik dan mental sehingga kesehatan pada gigi dan mulut semakin diabaikan. 

"Saat praktek kan harus membawa pasien dengan yang mempunyai masalah tentang kesehatan gigi dan mulut. Cari pasien untuk praktek juga gak susah" tutur Jihan ( Mahasiswi Poltekkes Jakarta 1).

Dari hal tersebut dapat kita ketahui bahwa ternyata kesadaran dalam menjaga gigi dan mulut jauh dari harapan.

Saat mulut dalam keadaan sakit atau kondisi gigi yang berlubang, jelas rasa sakitnya akan mengganggu kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Ditambah lagi, saat hal tersebut terjadi mulut akan menolak masuknya makanan sehingga berpengaruh pada sistem pencernaan. Hal tersebut juga tentu dapat berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh, salah satunya memicu penyakit lambung. Jika hal tersebut dibiarkan, tidak hanya lambung yang akan terserang tapi permasalahan kesehatan lainnya akan dengan mudah muncul.

"Menjaga kesehatan mulut itu penting banget. Karena kalo mulut sakit terus susah makan, nanti akan berpengaruh pada organ tubuh yang lain" tutur Jihan ( Mahasiswi Poltekkes Jakarta 1).

Beberapa dampak yang akan dirasakan jika tidak menjaga kesehatan mulut dan gigi yaitu berupa sariawan, gusi bengkak, bau mulut, gigi berlubang serta penumpukan debris yang apabila dibiarkan akan memicu terbentuknya karang gigi. Karang gigi diakibatkan karena penumpukan debris yang mengalami pengerasan. 

Debris ini sejatinya masih bisa dibersihkan dengan cara menyikat gigi. Namun, apabila debris sudah mengeras dan menjadi karang gigi, tindakan yang harus diambil adalah tindakan scaling. Tindakan scaling juga harus sesuai perintah dan anjuran dokter, karena alat yang digunakan untuk scaling menggunakan alat yang lumayan keras. Jadi, apabila tindakan scaling yang dilakukan tidak sesuai anjuran, maka kemungkinan besar hanya akan memperburuk keadaan gigi dan mulut.

Dampak lainnya periodontitis atau peradangan pada gusi. Hal ini terjadi karena bakteri yang ada pada gigi dan mulut serta perawatan pada gigi dan mulut yang kurang tepat. Oleh karena itu, penting sekali untuk senantiasa menjaga kesehatan gigi dan mulut melalui kebiasaan sehari-hari. Ini dia tips untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut :

  • Rutin periksa ke dokter gigi 6 bulan sekali

Pemeriksaan yang dilakukan rutin ke dokter gigi sangatlah penting dilakukan. Hal ini membuat kita dapat memantau kesehatan gigi dan mulut. Dan jika ada sesuatu yang salah pun, dapat ditangani dengan cepat oleh orang yang tepat.

  • Rajin berkumur-kumur sehabis memakan makanan manis atau mengandung gula

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan