Mohon tunggu...
Rahma DhiyaHanifah
Rahma DhiyaHanifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mengenai hobi saya memiliki hobi traveling dan bersepeda

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswi KKN Undip Sosialisasikan Pentingnya Kesetaraan Gender Dalam Ketahanan Keluarga

13 Agustus 2022   11:35 Diperbarui: 13 Agustus 2022   11:45 110 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sarilamak (27/07) -- Kegiatan KKN TIM 2 UNDIP dilakaksanakan di Nagari Sarilamak pada tanggal 05 Juli-18 Agustus 2022 yang memiliki tema "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sustainable Development Goals, Anti Narkoba, dan Kesadaran Tentang Stunting". Pada KKN kali ini terdapat tiga program kerja monodisiplin yang berkaitan dengan keilmuan masing-masing. Salah satu program yang telah dilaksanakan yakni berkaitan dengan edukasi kesetaraan gender dalam keterlibatan perempuan di desa dan meningkatkan ketahanan keluarga.

Di generasi sekarang ini masyarakat masih menganggap sebelah mata mengenai partisipasi perempuan. Padahal partisipasi perempuan sangat penting dalam pembangunan nasional karena dimaksudkan untuk pemulihan ekonomi, perbaikan sistem politik, kesejahteraan dan pemerataan pembangunan. Berdasarkan hasil SDG's Desa Nagari Sarilamak poin kelima mengenai keterlibatan perempuan desa berada diskor 0,26 yang tentunya ini menunjukkan angka yang rendah sehingga perlu adanya edukasi mengenai partisipasi perempuan.    

Kegiatan sosialisasi dan edukasi kesetaraan gender ini dilaksanakan pada Kantor Jorong Purwajaya pukul 09.00 WIB yang dihadiri oleh 10 orang. Perserta yang hadir ini berasal dari ibu PKK Jorong Purwajaya dan Kader. Kegiatan ini diawali dengan penjelasan mengenai gender dan kemudian dilanjutkan dengan kesetaraan gender. Pada kegiatan ini juga dibagikan leaflet kepada peserta sosialisasi sebagai pedoman untuk menciptakan kesetaraan gender dalam ketahanan keluarga.

Adanya sosialisasi ini memberikan pemahaman kepada ibu PKK dan Kader tentang bagaimana menciptakan kesetaraan gender di dalam keluarga dan pentingnya partisipasi perempuan dalam aspek kehidupan.

Hadirnya program kerja ini diharapkan nantinya bisa membantu terkhusus untuk perempuan dalam keluarga dan partisipasi baik secara publik, ekonomi, politik, serta pengambilan keputusan. Selain itu adanya sosialisasi ini diharapkan agar keluarga mampu membagi peran pengasuhan sehingga nantinya akan menghasilkan role gender yang baik bagi anak-anak mereka.

Penulis : Rahma Dhiya Hanifah (14010119120031)

Jurusan : Ilmu Pemerintahan

DPL        : Dr. Ir. Eny Fuskhah, M.Si          

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan