Mohon tunggu...
Rahma Fajr
Rahma Fajr Mohon Tunggu... Jurnalis - Long Life Moeslim Learner

Long Life Moeslim Learner

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Tok Barengan! Lebaran 2021 Dialektika Umat Beragama

11 Mei 2021   19:03 Diperbarui: 11 Mei 2021   19:07 352 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

by: rahma fajr

Puji syukur kehadirat Allah SWT...

Tak terasa sudah.. berda dalam penghujung ramadhan tahun ini, menjalani latihan demi latihan dalam bulan tarbiyah yang diturunkan oleh Allah SWT sebagai bulan penuh pembelajaran. belajar dalam segala macam sisi dan pandangan, menahan dan mengasah hati fikiran serta tadabur terhadap dalil- dalil al quran serta alam. semoga ramadan ini menjadi kisah yang penuh makna dari bulan biasanya, menambah optimisme untuk menggapai keberkahan, dan semoga dipertemukan kepada ramadhan tahun berikutnya, agar kisah untuk ramadhan selalu hadir dalam kehangatan :))

Berada dipenghujung ramadhan kini semua menentikan hari kemenangan bagai umat muslim diseluruh dunia, menantikan idul fitri dengan ke khasanya di indonesia, pastinya tahun ini ada yang beda!! yapp hari raya tahun ini merupakan anugrah yang luar bisa. Pasalnya hari  raya ditetapkan pada kamis, 13 mei 2021 ini serentak dilakukan bersama atas perhitungan dan tidak munculnya  hilal yang telah dilihat oleh pengamat yang berwenang melalui sidang isbath yang merupakan fatwa MUI, pun berkonsulasi dengan ormas-ormas islam lain, yang disepakati bersama, kali ini penetapan menggunakan metode hisab dan rukyat. dikonfirmasi menurut mentri agama Yaqut Cholil Qoumas  mengatakan bahwa di 34provinsi dengan 88 titik tidak terlihat hilal maka penetapan di istikmalkan yakni digenapkan 30 hari karena bulan belum semprutna dan terlihat. dan dapat merayakan idul fitri secara bersama dan semoga menjadi wujud kebersamaan seluruh umat muslim khususnya. 

Pun tentunya, kedua ormas besar muslim indonesia yakni NU dan Muhammadiyah sepakat bahwa hari kamis tanggal 13 mei 2021 sebagai hari jatuhnya 1 syawwal 1442 H tak hanya kedua ormas besar namun juga seluruh ormas diindoneisa sepakat, tak hanya itu pada tanggal tersebut umat bergama kristiani pun memperingati hari besarnya yakni kenaikan isa Al-Masih. 

Momentum barengan!! bagi umat beragama dalam menjalankan kemenangan dan ibadahnya dalam hari yang sama merupakan sebuah anugrah serta pembelajaran bagi kita semua untuk selalu hidup dalam kerukunan dan kedamaian, Kerukunan umat beragama adalah keadaan-keadaan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di dalam NKRI, karena indonesia yang kaya akan keberagaman dalam keberagamaan inilah merupakan wujud keindahan, keindahan yang Allah berikan dan telah gariskan. Modal inilah menjadi dialektika umat beragama bersama menjaga ukhawah islamiyah dan wathaniyah. 

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan semangat dalam menjalankan akhir puasa dibulan ramadhan bagi seluruh umat muslim di belahan indonesia  :))

Mohon tunggu...

Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan