Kesehatan

Gejala Ginjal Bermasalah yang Harus Diwaspadai

18 Desember 2015   14:47 Diperbarui: 19 Desember 2015   12:39 120 1 1

Tak bisa dipungkiri bahwa gejala ginjal bermasalah terkadang memang disalahartikan sebagai gejala penyakit biasa saja. Akan tetapi jika tidak segera mendapatkan penanganan lebih lanjut, gangguan yang terjadi pada ginjal tentu akan semakin parah dan merusak ginjal. Sebagai organ yang sangat penting dalam tubuh, ginjal memiliki fungsi untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Jadi jika ginjal sedang bermasalah, ada saja gangguan kesehatan yang akan dirasakan pemilik ginjal tersebut.

Ketahui Gejala Ginjal Bermasalah Sejak Dini

Oleh karena itu Anda sangat disarankan untuk selalu mewaspadai apa saja gejala atau pertanda ginjal Anda sedang bermasalah. Secara umum gejala atau ciri-ciri yang dialami oleh satu orang dengan yang lainnya sebenarnya berbeda-beda. Akan tetapi memang ada beberapa gejala yang sudah sangat umum dan sering dialami oleh penderita gangguan ginjal, diantaranya:

1. Wajah Pucat dan Tubuh Lemas
Gejala ginjal bermasalah yang pertama adalah seseorang biasanya akan merasa mudah lemasdan lelah dari biasanya. Wajahnya pun terlihat pucat karena produksi sel darah merah menurun. Nah, secara umum gejala ini memang bisa dirasakan oleh semua orang yang sedang sakit. Namun jika dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, gangguan ginjal bisa terdeteksi.

2. Merasa Mual yang Disertai Muntah
Berbeda dengan morning sickness pada wanita hamil, mual dan muntah yang dialami oleh penderita gangguan ginjal ini diakibatkan karena zat racun di dalam tubuh yang terlalu menumpuk. Hal ini tentu dikarenakan ginjal sudah tidak berfungsi semestinya untuk membuang zat racun dari dalam tubuh.

3. Sesak Napas
Selain merasa mual yang disertai muntah, gejala ginjal bermasalah yang ketiga adalah seseorang akan sesak napas. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan cairan di dalam tubuh yang kemudian juga memenuhi paru-paru. Hal ini tentu diakibatkan karena ginjal tidak bisa bekerja secara optimal untuk membuang cairan yang ada di dalam tubuh.

4. Tubuh Membengkak
Masih kelanjutan dari masalah penumpukan cairan di dalam tubuh, selain sesak napas gejala ginjal bermasalah yang lain adalah tubuh yang membengkak. Penumpukan cairan yang terjadi pada beberapa tempat di dalam tubuh akan membuat bagian tubuh tersebut seolah membengkak. Bahkan terkadang seluruh tubuh akan membengkak.

5. Frekuensi Buang Air Kecil Berkurang
Oleh karena cairan di dalam tubuh tidak terkendali dengan baik oleh ginjal, maka dari itu biasanya seorang penderita gangguan ginjal akan berkurang frekuensi buang air kecilnya. Bahkan saat buang air kecil pun yang dikeluarkan hanya sedikit. Namun gejala ginjal bermasalah yang satu ini biasanya ditemukan pada penderita yang penyakitnya sudah memasuki tahap akut.

Tips Mencegah Gangguan pada Ginjal

Nah, sebelum Anda mengalami berbagai gejala gangguan ginjal seperti yang tadi sudah kami jelaskan, tentu saja lebih baik Anda mencegahnya terlebih dahulu. Cara penegahan yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah dengan melakukan kontrol tekanan darah secara rutin. Hal ini dikarenakan 35 persen gangguan ginjal diakibatkan karena tekanan darah tinggi. Selain itu perbanyaklah konsumsi air putih setiap harinya. Umumnya manusia disarankan untuk mengonsumsi kurang lebih 8 gelas air putih dalam sehari. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan ginjal Anda dan membuat tubuh Anda tetap terhidrasi.

Itulah ulasan singkat mengenai beberapa gejala ginjal bermasalah yang sering terjadi dan juga cara pencegahannya. Semoga bermanfaat.