Mohon tunggu...
Rahel Maretha
Rahel Maretha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Communication

positive vibes✨

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

CNN Indonesia, Paket Lengkap Media Berita

19 September 2021   03:10 Diperbarui: 19 September 2021   07:42 170 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
CNN Indonesia, Paket Lengkap Media Berita
Logo CNN Indonesia. Sumber: wowkeren.com

Kalau ngomongin media, kita pasti tahu, dong tentang CNN Indonesia? Salah satu media besar di Indonesia ini sudah mengimplikasikan jurnalisme online dan multimedia, loh! Lengkap banget dan berita-beritanya juga aktual dan menarik, tentunya. Kita simak lebih lanjut, yuk!

Memiliki logo bertuliskan "CNN" berwarna putih dengan background merah, CNN (Cable News Network) Indonesia, mendeklarasikan dirinya sebagai salah satu media berita yang sudah menerapkan jurnalisme online sekaligus multimedia. Hal ini tercermin dari visi dan misinya yang dapat diakses melalui website resmi CNN Indonesia, di mana penyampaian beritanya tidak seperti pada media analog yang berbasis teks dan gambar saja, namun juga menghadirkan grafis dan video.

Kalau kita melihat kilas balik dari CNN Indonesia, media ini memang dilahirkan dengan dua platform media utama, yaitu pada Televisi dan situs website berita. Bekerjasama dengan PT Trans Media Corpora, CNN yang berpusat di Amerika Serikat melahirkan media berita 24 jam yang multi-platform dengan bahasa Indonesia sejak tahun 2015.

Dari website beritanya saja, kita sudah bisa paham, kalau CNN Indonesia ini merupakan salah satu media berita yang publikasinya di jejaring internet. Hal ini juga menunjukkan kalau CNN Indonesia sudah menerapkan jurnalisme online atau online journalism dalam produksi dan publikasi beritanya.

Jurnalisme Online?

Sumber: Freepik
Sumber: Freepik
Secara umum, jurnalisme online merupakan aktivitas menulis dan mempublikasikan produk jurnalistik di dalam suatu platform di Internet dan secara online tentunya. Dengan hadirnya Internet, jurnalisme juga ikut bergerak maju di dalam ranah online mengikuti arus perkembangan teknologi.

Mungkin dulu sewaktu kecil, kita lebih sering menyimak berita melalui media konvensional, seperti televisi, surat kabar, majalah, radio, dan lainnya. Dengan adanya internet, produk-produk jurnalistik bisa lebih mudah dan cepat untuk diproduksi dan diakses oleh masyarakat.

Ketika kita ingin mencari suatu berita yang sedang panas atau berita terbaru, lalu kita searching di mesin pencarian internet, sering terjadi banyak media yang mempublikasikan berita yang sama. Hal seperti ini bisa disebut juga sebagai keseragaman konten, karena jurnalis dituntut untuk dapat selalu up to date tentang peristiwa yang sedang terjadi. Selain itu, kecepatan publikasi berita juga harus dipertimbangkan agar bisa menjadi media pertama yang update akan suatu peristiwa, loh!

Sumber: Freepik
Sumber: Freepik
Jurnalisme online juga menjadi pilar informasi yang terpenting untuk masyarakat, karena kita bisa mengakses berita lebih cepat, mudah, dan kapan saja, karena berita dapat tersimpan selamanya di dalam internet. Saat ini kita sebagai audiens juga sudah terkena dampak digitalisasi yang tentunya memudahkan kita untuk memilih, mengakses dan memberi feedback terhadap suatu berita di media berita online.

Wah! Dengan adanya media berita online ini, kita sebagai audiens bisa ikut partisipasi dengan memberi feedback atau reaksi terhadap suatu berita. Media CNN Indonesia yang sedang kita bahas tadi, juga sudah mencerminkan karakteristik new media, loh! Ngomongin soal feedback audiens, kita bisa meninggalkan komentar di setiap berita CNN Indonesia dan juga share ke platform lainnya. Jadi, audiens sudah diajak untuk aktif memberi umpan balik yang mencerminkan Interaktivitas dari karakteristik new media.

Untuk mengakses berita-berita tersebut tentunya kita butuh gawai yang terhubung ke internet, di mana hal ini juga menjadi cerminan karakteristik new media, yaitu Jaringan dan Digitalisasi. Selain itu, berita di CNN juga mengandung aspek Hiperteks, di mana kita bisa dengan mudah meng-klik tulisan berwarna merah dalam berita, lalu kita dapat terhubung ke halaman referensi.

Sudah Multimedia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan