Gayahidup

Keistmewaan Berhijab

16 Mei 2019   10:21 Diperbarui: 16 Mei 2019   10:34 7 0 0

Hijab merupakan bagian yang sangat penting bagi seorang muslimah, dikatakan penting karena di dalam Al-Qur'an Allah memerintahkan kepada setiap perempuan menutup aurat nya. Perintah berhijab dalam Al-Qur'an terdapat dalam QS. An Nur: 31 yaitu perintah mengulurkan jilbab sampai kedada. Hijab sangatlah istimewa bagi saya sendiri. Saya akan menceritakan bagaimana saya memutuskan berhijab. Mungkin cerita saya memantapkan berhjab tidaklah panjang seperti kebanyakan orang tetapi karena hijab sangat istimewa banget saya akan menceritakannya. 

Sebelumnya saya adalah orang yang jarang sekali memakai hijab, saya memakai hijab sewaktu saya sekolah saja, sehari-hari saya bahkan tidak memakai hijab. Lama kelamaan saya mulai makai hijab waktu berpergian keluar rumah tetapi itu jarang-jarang. 

Bahkan saya malas mengenakannya, tetapi suatu ketika di sekolah saya mengadakan pesantren kilat saya sebenarnya tidak tertarik mengikutinya tetapi seorang guru mendaftarkan nama saya dan saya pun mengikuti pesantren kilat tersebut. Pesantren kilat tersebut diadakan selama 5 hari lamanya. 

Di dalam pesantren kilat tersebut saya belajar banyak hal tentang bagaimana shalat yang baik dan benar dan masih banyak lagi. sepulangnya saya dari pesantren kilat tersebut saya malah enggan melepaskan hijab saya dan saya berkata kepada orang tua saya untuk membolehkan saya memakai hijab dan kebetulan orang tua saya menyetujui permintaan saya ini saya sangat senang mendengar hal tersebut.

            Setelah lama kelamaan saya merasakan bagaimana pentingnya hijab tersebut bagi saya. saya merasa bahwa jika mengenakan hijab hati saya merasa sangat tenang. Keutamaan berhijab bagi wanita muslimah adalah sebagai berikut:

  • Menjadi wanita muslimah yang taat dan mengikuti hukum yang sudah Allah tetapkan dalam hal menutup aurat, menutup aurat merupakan salah satu ciri-ciri wanita yang dirindukan surga.
  • Dapat mempermudah kita menuju jannah.
  • Dapat memperbaiki marwah orang tua.
  • Tidak membuat dosa kita mengalir kepada orang tua.
  • Tentu saja membuat kita nyaman dalam berhijab jika kita benar-benar paham bagaimana manfaat dari menggunakan hijab itu.
  • Menjadi wanita muslimah yang menjaga jati dirinya tanpa membuka auratnya.
  • Menjadi wanita muslimah yang terhormat karena menutup aurat dengan mengenakan pakaian yang layak dan indah.
  • Terjaga dari gangguan dan pandangan lelaki yang bukan mukhrimnya.
  • Terhindar dari gangguan jahat yang memiliki hasrat atau hawa nafsu setan.
  • Secara tidak langsung menjaga diri untuk membatasi diri kita mengindari bersentuhan dengan yang bukan mukhrimnya.
  • Memancarkan kecantikan yang alami dari diri seorang wanita muslimah  tentu saja berdasarkan akhlaknya, bukan sekedar penampilannya. Tentu saja ini merupakan cara untuk menjadi cantik berdasarkan islam.
  • Terjaga dari dosa menampakkan aurat pada yang bukan mukrimnya.
  • Mendorong seorang muslimah untuk berbuat baik kepada semua orang.

Perkembangan hijab sekarang ini sangat lah pesat. Indonesia sendiri merupakan jumlah populasi muslim tebesar didunia, jadi tidak heran banyak sekali wanita muslimah mengenak hijab baik itu digunakan dikantor, universitas, sekolah, ataupun sehari hari. Ada yang mengganggap hijab itu adalah sebuah keharusan dan ketaatan dalam perintah agama dan ada juga yang berganggapan bahwa hijab hanya sekedar mode dan gaya hidup. 

Dalam padanan syariat, dapat diaktaan bahwa hijab merupakan busana untuk muslimah yang tidak ketat atau longgar dengan ukuran besar yang menutup seluruh tubuh perempuan kecuali muka dan telapak tangan. Pengertian ini sedikit berbeda dengan arti hijab yang selama ini dipahami di Indonesia yang identik dengan penutup kepala atau kerudung saja. Hijab diproduksi berdasarkan gaya hidup masyarakat Indonesia yang sebagian besar terpengaruh cara berpakaian ala barat.

Hijab menjadi industri yang tumbuh pesat sekarang ini. Faktanya produk dari merek dagang terkenal menyesuaikan tuntutan perempuan muslim untuk mobile sekaligus fashionable dalam memakai hijab. Maka sekarang ini diproduksilah hijab bergaya sport.

 Modern ini sudah banyak sekali dijumpai hijab dengan beragam bentuk, model, harga dan iklan, dan citra-citra modelnya menandakan sebuah komodifikasi hijab. Sekarang muslimah yang berhijab syari sudah sangatlah banyak dijumpai tidak seperti dulu jika mengenakan pakaian syari terkadang masih dicurigai oleh orang. 

Di indonesia sendiri bisnis mode pakaian muslim mulai berkembang abad ke 2000 an. Sebagian orang mengenakan secara ala kadarnya dan bahkan cenderung jilbab lepas, sebagian lagi mengenakan secara moderat yaitu tidak meninggalkan mode tetapi juga tidak meninggalkan kaidah syari. Sementara sebagian kecil yang lain cenderung terlalu bersemangat dengan pilihan hijab yang menggunakan niqab (cadar).

Di zaman sekarang banyak sekali wanita yang memakai hijab tetapi perilakunya tidak mencerminkan bagaimana perilaku seorang muslimah seharusnya. Banyak orang yang mencelanya karena tidak sesuai dengan pakaiannya. Seharusnya mereka tidak menyalahkan hijabnya karena hijab bagi seorang muslimah itu wajib hukumnya. 

Untuk mereka yang berkata demikian seharusnya mereka sada atas perbuatannya apakah mereka sudah pantas berkata demikian, apakah mereka layak. Seorang muslimah haruslah pandai menyikapi bagaimana mereka dicela, dan berfikir postif bukannya membalas dengan kata kasar dan malah menuduh mereka karena apa yang merka omongkan biasanya berdasarkan fakta yang mereka lihat dan mereka dengar.

 Seorang muslimah berhijab tentulah sangat anggun dan cantik dalam keprbadianya bukan dari penampilannya, meskipun sekarang banyak wanita yang mementingkan penampilannya dan juga akhlaknya. Seorang muslimah tentulah berhijab karena seorang muslimah tentulah mengerti bagaimana seorang muslimah itu bersikap dan sudah mengetahi bagaimana ketentuannya seorang muslimah itu sendiri.

Jika seseorang baru mengenakan hijab dan ia masih berbuat beberapa kesalahan seperti perkataaan yang masih kurang bisa ia jaga, pakaian ia yang kadang masih memakai pakaian dengan celana ketat tentulah seorang manusia tidak luput dari kesalahan yang ia lakukan, pasti membuat kesalahan baik itu kesalahan yang ia sengaja atau tidak sengaja, mau itu perbuatan yang kecil dan perbuatan yang besar sekalipun.

 Allah pasti akan mengampuni segala perbuatan yang telah kita lakukan asal kita bersungguh-sungguh dalam meminta ampun ke pada Allah dan tidak menggulangi kesalahan yang telah kita lakukkan sebelumnya. tentulah masih wajar karena mereka baru tahap belajar. 

Jika lama kelamaan mereka sudah sangat paham bagaimana seharusnya muslimah itu bersikap dan berpakaian. Bersikap sebagai wanita muslimah tentulah memiliki batas nya kita harus pandai menjaga lisan kita, jika kita berbuat baik maka perbuatan baik kita akan dapat dicontoh oleh orang lain, dan  perbuatan yang telah mereka contoh dapat mereka terapkan kedepannya. Berhijab itu sangat menyenangkan loh pada awalnya saja ada yang beranggapan bahwa memakai hijab itu gerah dan tidak ingin mengenakannya tapi lama kelamaan kita bakal merasa sangat nyaman, menyenangkan, dan kita jadi tidak ingin melepaskan hijab kita meskipun sedang dalam keadaan tidur sekalipun.

Maka dari itu ayo semua wanita muslimah marilah kita menjaga aurat kita dengan menutupnya dengan hijab dan bagi wanita muslimah yang ada diluar sana yang masih takut untuk berhijab karena berbagai alasan ayo mulailah berubah untuk masa depan dengan menutup aurat dengan memakai hijab dan menuju syurganya ALLAH SWT.

Sekian dan terima kasih