Mohon tunggu...
Lyfe

Keistmewaan Berhijab

16 Mei 2019   10:21 Diperbarui: 16 Mei 2019   10:34 408
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Hijab merupakan bagian yang sangat penting bagi seorang muslimah, dikatakan penting karena di dalam Al-Qur'an Allah memerintahkan kepada setiap perempuan menutup aurat nya. Perintah berhijab dalam Al-Qur'an terdapat dalam QS. An Nur: 31 yaitu perintah mengulurkan jilbab sampai kedada. Hijab sangatlah istimewa bagi saya sendiri. Saya akan menceritakan bagaimana saya memutuskan berhijab. Mungkin cerita saya memantapkan berhjab tidaklah panjang seperti kebanyakan orang tetapi karena hijab sangat istimewa banget saya akan menceritakannya. 

Sebelumnya saya adalah orang yang jarang sekali memakai hijab, saya memakai hijab sewaktu saya sekolah saja, sehari-hari saya bahkan tidak memakai hijab. Lama kelamaan saya mulai makai hijab waktu berpergian keluar rumah tetapi itu jarang-jarang. 

Bahkan saya malas mengenakannya, tetapi suatu ketika di sekolah saya mengadakan pesantren kilat saya sebenarnya tidak tertarik mengikutinya tetapi seorang guru mendaftarkan nama saya dan saya pun mengikuti pesantren kilat tersebut. Pesantren kilat tersebut diadakan selama 5 hari lamanya. 

Di dalam pesantren kilat tersebut saya belajar banyak hal tentang bagaimana shalat yang baik dan benar dan masih banyak lagi. sepulangnya saya dari pesantren kilat tersebut saya malah enggan melepaskan hijab saya dan saya berkata kepada orang tua saya untuk membolehkan saya memakai hijab dan kebetulan orang tua saya menyetujui permintaan saya ini saya sangat senang mendengar hal tersebut.

            Setelah lama kelamaan saya merasakan bagaimana pentingnya hijab tersebut bagi saya. saya merasa bahwa jika mengenakan hijab hati saya merasa sangat tenang. Keutamaan berhijab bagi wanita muslimah adalah sebagai berikut:

  • Menjadi wanita muslimah yang taat dan mengikuti hukum yang sudah Allah tetapkan dalam hal menutup aurat, menutup aurat merupakan salah satu ciri-ciri wanita yang dirindukan surga.
  • Dapat mempermudah kita menuju jannah.
  • Dapat memperbaiki marwah orang tua.
  • Tidak membuat dosa kita mengalir kepada orang tua.
  • Tentu saja membuat kita nyaman dalam berhijab jika kita benar-benar paham bagaimana manfaat dari menggunakan hijab itu.
  • Menjadi wanita muslimah yang menjaga jati dirinya tanpa membuka auratnya.
  • Menjadi wanita muslimah yang terhormat karena menutup aurat dengan mengenakan pakaian yang layak dan indah.
  • Terjaga dari gangguan dan pandangan lelaki yang bukan mukhrimnya.
  • Terhindar dari gangguan jahat yang memiliki hasrat atau hawa nafsu setan.
  • Secara tidak langsung menjaga diri untuk membatasi diri kita mengindari bersentuhan dengan yang bukan mukhrimnya.
  • Memancarkan kecantikan yang alami dari diri seorang wanita muslimah  tentu saja berdasarkan akhlaknya, bukan sekedar penampilannya. Tentu saja ini merupakan cara untuk menjadi cantik berdasarkan islam.
  • Terjaga dari dosa menampakkan aurat pada yang bukan mukrimnya.
  • Mendorong seorang muslimah untuk berbuat baik kepada semua orang.

Perkembangan hijab sekarang ini sangat lah pesat. Indonesia sendiri merupakan jumlah populasi muslim tebesar didunia, jadi tidak heran banyak sekali wanita muslimah mengenak hijab baik itu digunakan dikantor, universitas, sekolah, ataupun sehari hari. Ada yang mengganggap hijab itu adalah sebuah keharusan dan ketaatan dalam perintah agama dan ada juga yang berganggapan bahwa hijab hanya sekedar mode dan gaya hidup. 

Dalam padanan syariat, dapat diaktaan bahwa hijab merupakan busana untuk muslimah yang tidak ketat atau longgar dengan ukuran besar yang menutup seluruh tubuh perempuan kecuali muka dan telapak tangan. Pengertian ini sedikit berbeda dengan arti hijab yang selama ini dipahami di Indonesia yang identik dengan penutup kepala atau kerudung saja. Hijab diproduksi berdasarkan gaya hidup masyarakat Indonesia yang sebagian besar terpengaruh cara berpakaian ala barat.

Hijab menjadi industri yang tumbuh pesat sekarang ini. Faktanya produk dari merek dagang terkenal menyesuaikan tuntutan perempuan muslim untuk mobile sekaligus fashionable dalam memakai hijab. Maka sekarang ini diproduksilah hijab bergaya sport.

 Modern ini sudah banyak sekali dijumpai hijab dengan beragam bentuk, model, harga dan iklan, dan citra-citra modelnya menandakan sebuah komodifikasi hijab. Sekarang muslimah yang berhijab syari sudah sangatlah banyak dijumpai tidak seperti dulu jika mengenakan pakaian syari terkadang masih dicurigai oleh orang. 

Di indonesia sendiri bisnis mode pakaian muslim mulai berkembang abad ke 2000 an. Sebagian orang mengenakan secara ala kadarnya dan bahkan cenderung jilbab lepas, sebagian lagi mengenakan secara moderat yaitu tidak meninggalkan mode tetapi juga tidak meninggalkan kaidah syari. Sementara sebagian kecil yang lain cenderung terlalu bersemangat dengan pilihan hijab yang menggunakan niqab (cadar).

Di zaman sekarang banyak sekali wanita yang memakai hijab tetapi perilakunya tidak mencerminkan bagaimana perilaku seorang muslimah seharusnya. Banyak orang yang mencelanya karena tidak sesuai dengan pakaiannya. Seharusnya mereka tidak menyalahkan hijabnya karena hijab bagi seorang muslimah itu wajib hukumnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun