Mohon tunggu...
Rahayu Siwi Winarni
Rahayu Siwi Winarni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Maaf atas kesalahan dalam penulisan, karena saya masih belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Membangun Desa dalam Bidang Pendidikan Melalui Pendampingan Siswa

27 Juli 2021   00:15 Diperbarui: 27 Juli 2021   00:23 63 1 0 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sudah lebih dari satu tahun empat bulan terakhir ini berdampak terhadap perubahan aktifitas belajar-mengajar. Tak terkecuali di negeri ini, sejak maret tahun 2020 aktifitas pembelajaran daring (online learning) menjadi sebuah pilihan kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 semakin meluas. 

Munculnya pandemi COVID-19 ini memberikan dampak pada kegiatan belajar mengajar yang semula dilaksanakan di sekolah kini menjadi belajar di rumah melalui daring. Pembelajaran daring yang diterapkan harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing sekolah agar proses pembelajaran berjalan lancar. 

Belajar daring harus dengan bantuan teknologi digital seperti Google Classroom, Rumah Belajar, Zoom, telepon dll. Dengan adanya penggunaan media daring mengharuskan tenaga pendidik tetap memperhatikan dalam pemberian tugas melalui pemantauan pendampingan salah satunya melalui grup WhatsApp sehingga peserta didik mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Tenaga pendidik juga harus tetap berkomunikasi dengan pihak orang tua untuk memberikan informasi terkait perkembangan peserta didik.

Pihak kampus salah satunya Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai perguruan tinggi ikut berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Salah kontribusi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 yaitu melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. 

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia sebagai program wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa UPI. Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini juga dijadikan sebagai wahana pembelajaran dan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. KKN ini dilaksanakan secara individu atau kelompok terbatas di daerah tempat tinggal masing-masing.

Salah satu mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang UPI yaitu Rahayu Siwi Winarni mengambil tema “Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa dalam Bidang Pendidikan”. Pada pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ini dilaksanakan dengan sasaran siswa kelas 4  yaitu satu siswa SDN 055 Jatihandap, kelurahan jatihandap, kecamatan mandalajati kota bandung. Melalui program-program KKN salah satunya yaitu pendampingan siswa dalam memberikan penguatan dan motivasi dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara PJJ  (Pembelajaran Jarak Jauh ).

dokpri
dokpri
Pendampingan pembelajaran siswa ini dilaksanakan dengan berbagai media, dimulai dari menggunakan Aplikasi GoogleMeeting, hingga kepada Grup WhatsApp. pertemuan ini dimulai dengan perkenalan kepada seluruh siswa yang didampingi oleh guru pengampu dalam kegiatan tersebut. 

Penulis juga mengidentifikasi permasalahan siswa selama pembelajaran PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh)  berlangsung, banyak siswa yang mengalami kesulitan diantaranya; tidak memiliki kuota, tidak memiliki server yang baik, bosan, dan keterbatasan perangkat elektronik seperti hp atau laptop dalam menunjang pembelajaran daring ini. Oleh karena itu penulis sebagai mahasiswa yang ditugaskan untuk mendampingi siswa dalam membantu mengatasi kesulitan selama pembelajaran online. Penulis ikut serta dalam kegiatan pembelajaran siswa dengan berkoordinasi dengan orang tua siswa dan guru pengampu.

dokpri
dokpri
contoh kegiatan pendampingan siswa salah satunya yaitu melaksanakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dengan memberikan sosialisasi mengenai pencegahan covid-19 dan pematerian apa itu coronavirus. Siswa diminta membaca bersama-sama dan memahami bagaimana cara pencegahan covid-19, tujuan penulis memberikan pematerian mengenai pencegahan covid-19 dikarenakan sangat penting bagi siswa untuk mengetahui dampak yang disebabkan virus corona dan perlu adanya pencegahan. 

Dalam pertemuan GoogleMeet juga siswa belajar bermain games tentang berfikir kreatif dengan menggunakan media PowerPoint, yang mana siswa memberikan jawaban dengan ide dan ingatan mereka. Dengan adanya kegiatan KKN ini sangat membantu dalam kegiatan PJJ yang sudah tidak menyenangkan lagi dan dapat memotivasi siswa dengan pengembangan media yang penulis buat. 

Saat proses Kuliah Kerja Nyata ini berjalan penulis merasa bukan hanya melaksanakan tugas namun dapat membantu siswa dan siswa terbantu dengan adanya mahasiswa KKN, merupakan hal yang sangat membahagiakan. Peran Guru, siswa, dan orang tua sangat penting dalam pembelajaran PJJ ini, penulispun banyak belajar terhadap guru pengajar yang hampir 1 tahun lebih ini mengalami banyak kesulitan dalam proses pembelajaran. Penulis berharap pandemi ini cepat berlalu dan kegiatan pembelajaran dapat kembali seperti semula. 

Penulis:

Rahayu Siwi Winarni

Pendidikan Bahasa Jepang

Universitas Pendidikan Indonesia

DPL: Dewi Nur Azizah, S.T.P.,M.P

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN