Mohon tunggu...
rafly ahmad nur pramudi
rafly ahmad nur pramudi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa uin sunan kalijaga 21107030103

jalanin aja dulu

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hari Lahir Pancasila: Berawal dari Pancasila Negara Ini Tertata

1 Juni 2022   12:00 Diperbarui: 1 Juni 2022   12:03 125 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tanggal 1 juni merupakan hari bersejarah bagi bangsa ini. Pancasila yang merupakan ideologi bangsa tercantum pada pembukaan UUD 1945. Pancasila memiliki arti dalam Bahasa sansekerta yanki panca :lima, Sila: dasar.

Panasila yang memiliki tujuan sebagai pedoman bangsa dalam memimpin pemerintahan, kehidupan, kepribadian sesuai dengan hakekat bangsa ini. Istilah pertama muncul dari bapak presiden pertaama Indonesia yakni, Ir Soekarno pada saat rapat pertemuan BPUKI( badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan Indonesia) atau dalam Bahasa jepang Dokuritsu junbi cosakai.

Bagaimana awal mula Pancasila lahir?

Pada tanggal 1 maret 1945 jepang membuat sebuah Lembaga yang Bernama BPUPKI yang di pimpin oleh DR. Kanjeng Raden Tumenggung Radjiman Wedyodiningrat. Dalam sebuah pidatonya dia menanyakan kepada semua audiens " apa dasar negara Indonesia yang akan kita bentuk?"

Dalam mengupayakan permintaan dari sang pemimpin terkait perumusan dasar negara yang nantinya akan digunakan sebagai pedoman. Terdapat usulan usulan yang masuk dan dikemukakan di rapat BPUPKI.

Ideologi dasar yang diusulkan muhamad yamin yang berpidato pada tanggal 29 mei 1945 sebagai berikut.

  • Perikebangsaan
  • Perikemanusiaan
  • Periketuhanan
  • Perikerakyatan
  • Kesejahteraan rakyat

Wallpaper Cave
Wallpaper Cave

Panasila yang dikenalkan soekarrno untuk pertama kalinya lahir pada tanggal 1 juni 1945 dalam pidato yang menarik semua pendengarnya dan kemudian dikenal dengan judul lahirnya panasila. Soekarno dalam sebuah pidatonya mengemukakan ideologi dasar dengan spontan sebgai berikut:

  • Nasionalisme
  • Kemanusiaan atau internasionalisme
  • Mufakat atau demokrasi
  • Kesejahteraan sosial
  • Ketuhanan dan berkebudayaan

Sebelum rapat usai, dibentuklah panitia kecil untuk merumuskan kembali pannasila yang sebelumnya telah drumuskan Soekarno dalam pidatonya. Panitia kecil ini dikenal panitia Sembilan karena memiliki jumlah 9 orang.

Sejak kapan hari lahir panasila diperingati?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan