Mohon tunggu...
Rafli Syahrizal
Rafli Syahrizal Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa Sastra Indonesia, UI

Tinggal di Depok. Belajar di SMAN 10 Bogor, UI, dan di manapun. Blog: https://rafleee.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi | Aku, Tuan, dan Negeri

13 Mei 2020   21:18 Diperbarui: 13 Mei 2020   21:38 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: rafleee.wordpress.com

Apa itu satu
Apa itu bersatu
Dan apa itu menyatu

Aku tak tahu
Ketika anak-anak panah berapikan fitnah
Menghujani ibuku
Membakar sanak saudara
Lalu mati satu persatu

Hingga kali ini
Bersama busur dan mata panah
Menelisik insan bernas
Menghunus aku terasuk

Adakah tuan tahu
Cerai berai belum berlalu
Gemuruh menyuruh rusuh
Bunyikan genderang berai

Politik dijadikan kendaraan
Untuk menggilas persatuan
Fitnah adalah pisau yang mencincang cincang perasaan
Benci akan persatuan
Benci akan perbedaan

Penat bersama butir lelah
Menunggu di samping tugu
Menyaksikan sang utusan
Tengah berdendang dalam tempurung

Aku mendengar dari utara
Suara riuh tentang agama
Aku mendengar dari selatan
Tentang mereka yang berteriak atas suku
Lalu di timur aku melihat serangkaian orang orang tak bertuahan berteriak tentang kebebasan
Di barat aku ketakutan
Melihat orang gila berteriak tidak karuan

Ngeri tuan
Membuka mata tuk melihat
Betapa besar derita
Mengoyak dari hulu hingga hilir

Tuan
Janganlah tertawa
Semesta takkan berbual
Hingga datang guncangan menghentak

Apa artinya satu
Bila tuan tak mengerti satu
Mereka tak mengerti bersatu
Dan aku tak tahu cara menyatu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun