Mohon tunggu...
Rafi Urizal
Rafi Urizal Mohon Tunggu... calon sarjana

jika kata tak lagi bermakna, lebih baik diam saja.

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Wisata Kuliner Menjelang Berbuka yang Wajib Kalian Coba!

1 Mei 2021   15:00 Diperbarui: 1 Mei 2021   15:00 179 6 0 Mohon Tunggu...

Ramadan selalu menghadirkan suasana yang sejuk. Umat Islam di seluruh dunia terutama di Indonesia menyambut dengan antusias kedatangan bulan ramadan.

Berbicara ramadan rasanya tidak afdol jika tidak berbicara kuliner. Kali ini saya mengajak kepada para pembaca untuk menjelajah kuliner yang umum beredar pada saat bulan puasa. Menu ini sudah banyak beredar diseluruh Indonesia. Jadi buat teman-teman semua, jangan kawatir jika tidak menemukan makanan ini.

Ketika bulan puasa, terdapat kuliner-kuliner yang dijual atau dibuat hanya pada saat bulan puasa. Nah, jika teman-teman ingin mengetahui apa saja sih refernsi dan menu yang pas untuk berbuka. Kuliner yang wajib dicoba pada saat bulan puasa diantaranya, yaitu :

1. Timun suri

Timun suri bisa dibilang merupakan buah-buahan yang wajib dihidangkan saat menjelang berbuka puasa. Disajikan dengan tambahan Es batu dan sirup membuat timun suri sangat segar untuk diminum ketika berbuka puasa. Timun suri juga mengandung beberapa zat antioksidan, termasuk vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen dan lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Karena tekstur timun suri mengandung air dan serat melimpah tentu buah ini juga sangat baik untuk sistem pencernaan. 

Selain menyegarkan, timun suri juga mengandung zat anti kanker. Menurut sebuah penelitian 2010 yang dipublikasikan di Scientific World Journal, para ilmuwan telah menemukan bahwa kandungan saponin dalam timun suri dapat membantu mengahalangi jalur sinyal yang penting untuk mencegah munculnya sel kanker dan kerusakan metabolisme tubuh

2. Es kelapa muda

Menu minuman ini juga menjadi favorit dikalangan orang yang berpuasa. Air kelapa muda menjadi andalan ketika setelah seharian penuh berpuasa kemudian dibayar tuntas dengan merasakan kesegarannya. Selain menyegarkan dan menyehatkan, air kelapa mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, dan antioksidan. Air kelapa dapat memperbaiki sirkulasi darah dan dikenal mampu membersihkan saluran pencernaan. Air kelapa tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuhmu lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit. Maka, minuman ini wajib dihidangkan pada saat berbuka puasa.

3. Kolak pisang dan ubi

Menu terakhir jagoan ibu-ibu ketika puasa yaitu kolak pisang dan ubi. Selain mengenyangkan, pisang dan ubi juga menyehatkan kita. Kolak pisang ini diolah dengan santan dan pemanis sehingga rasanya bervariatif dan tentu juga menyegarkan kita. Pisang mengandung segundang manfaat, diantaranya mengendalikan gula darah, membantu menurunkan berat badan, serta menjaga kesehatan jantung. Tidak kalah penting, ubi juga mengandung segudang manfaat yaitu, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan mata, meningkatkan fungsi otak, bahkan baik untuk penderita diabetes.

Nah berikut tadi adalah menu wajib dan sehat untuk berbuka puasa. Berpuasa harusnya membuat kita semakin sehat dan semangat tentunya dengan asupan makanan dan minuman yang bergizi juga. Makanya teman-teman hindari ya makanan takjil yang tidak sehat. Menu-menu ini sangat umum ditemukan di daerah manapun dan digemari banyak orang. Maka dari itu, teman-teman jangan kawatir jika sedang bepergian namun ingin menyantap menu ini karena ini banyak dijual dipinggir-pinggir jalanan menjelang berbuka.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x