Mohon tunggu...
Rafi Kurniawan
Rafi Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Hukum

hanya menulis apa yang perlu ditulis, dang mengabaikan hal yang menurut saya kurang menarik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Magang Polsek Jember Penuh Manfaat

7 Desember 2022   07:02 Diperbarui: 7 Desember 2022   07:17 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Magang adalah proses pembelajaran luar sekolah maupuan universitas yang yang bertujuan untuk mengenalkan atau ujicoba pelajar dan mahasiswa yang berkesemoatan mencoba dan praktik langsung dalam pekerjaan tersebut. Mengapa hal ini penting? dengan adanya magang kita tidak akan terkejut atau keget dengan udara dalam dunia kerja, walaupun terbatas oleh waktu kegiatan ini dirasa sangat efektif demi menentukan minat pekerjaan yang ingin diambil.

Program Magang MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang bertempat di Polres Jember dan Polsek Sumbersari dilaksanakan selama 3 bulan, yaitu dimulai sejak hari Rabu tanggal 31 Agustus 2022 hingga Jumat tanggal 2 Desember 2022. Penempatan Magang MBKM di Polres Jember berlangsung selama sebulan terhitung sejak 31 Agustus 2022 hingga 30 September 2022. Setelah itu, beralih ke Polsek Sumbersari selama 2 bulan dimulai sejak hari Senin tanggal 3 Oktober 2022 hingga Jumat 2 Desember 2022.

Pembagian divisi dalam pelaksanaan kegiatan magang di Polsek Sumbersari dibagi menjadi 4 divisi, yaitu :

  • Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT)

SPKT bertugas untuk menerima laporan dari masyarakat, selain itu SPKT juga menerima laporan kehilangan seperti kehilangan SIM, STNK, KK, Kartu ATM, Buku Tabungan, dan lain sebaginya. Surat Laporan Kehilangan sangat dibutuh kan agar memiliki dasar sebagai pengajuan dalam pembuatan ulang atau pengambilan barang yang hilang.

  • Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim)

Satreskrim adalah bagian yangn sangat penitng dalam kepolisian, disini adalah tempatnya dimulai suatu perkara yangterindikasi pasal pidana. tugas pokoknya sendiri adalah  penyelidikan, penyidikan, dan pengawasan penyidikan tindak pidana sebagaimana diatur di dalam KUHAP dan Perkapolri nomor 6 tahun 2019.

  • Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas)

Divisi binmas memiliki tugas untuk terjun langsung terhadap masyarakat dengan menggugah perhatian masyarakat sehingga melahirkan sikap penerimaan terhadap upaya kepolisian dalam pembinaan sistem keamanan dan ketertiban, serta mendorong masyarakat untuk sadar dan taat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta norma-norma sosial yang hidup di masyarakat. Bisa dibilang binmas merupakan jembatan penghubung antara masayarakt dengan polisi.

  • Intelejen Keamanan (Intelkam)

Divisi intelkam bertugas dalam meyelenggarakan fungsi intelejen bidang keamanan, salah satunya melalui pemberian pelayanan dalam pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun