Mohon tunggu...
Rafika Meldy
Rafika Meldy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Bahasa dan Sastra Arab UIN RMS Surakarta

Saat raga dibekukan, maka tulisan yang mampu terus dialirkan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Berapa Rata-rata Uang Saku Mahasiswa di Solo?

5 Agustus 2021   07:34 Diperbarui: 5 Agustus 2021   07:45 132 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berapa Rata-rata Uang Saku Mahasiswa di Solo?
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Halo semuanya... shobakhul khoir, Selamat Pagi

Apa kabar nih? Semoga selalu baik baik saja ya, walaupun lagi ditinggal doi pas lagi sayang-sayangnya

Kali aku bakal sharing nih, tentang kehidupan mahasiswa di Solo itu bagaimana sih? Tapi ini mau jabarin dulu ya, tepatnya bukan di Solo sih, tapi di karesidenan Surakarta. Tentu saja yang aku maksud adalah di sekitar tempatku kuliah yaitu di UIN Raden Mas Said Surakarta. 

Sekedar informasi saja, di kalangan masyarakat sudah familiar jika menyebut karesidenan Surakarta itu dengan 'Solo'. Padahal secara penyebutan administratif Solo adalah nama salah satu kota di karesidenan Surakarta, sudahlah aku tidak mau membahas itu

Kehidupan di sini, menurutku memang relatif murah. Sebutan kota termurah memang benar sih wkkw. Ini aku bandingkan dengan bebrapa tempat yang sudah pernah aku tempati beberapa waktu ya, termasuk jika dibandingkan dengan kota kecilku, Pacitan.

Jika mau ngirit nih buat anak kost, disini Rp.3000 sudah bisa mendapatkan lauk dan nasi. Lauknnya sudah lumayan loh, dengan 2 macam oseng-oseng dan 1 gorengan. Kalkulasikan lah sehari Rp.10.000 itu sudah bisa kenyang. Disini juga ada fasilitas umum berupa Bus Solo Trans  BST) yang bisa membawamu keliling Solo dengan gratis tis tis...

Jika kamu memilih untuk memasak sendiri juga murah kok, makanan di sini relatif condong ke manis buat orang kaya aku yang suka pedas dan gurih kadang kurang cocok hehe. 

Bahan pokok dan sayur-sayuran disini juga murah, apalagi di sekitar kampusku dekat dengan pasar dan pusat perbelanjaan yang dikenal murah di Solo Raya.

Percuma kak biaya hidup murah, kalau biaya kuliahnya mahal?

Eitss ! tunggu dulu, kampus yang saya tempati termasuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) termasuk salah satu kampus dengan biaya termurah di negeri ini. sistem pembayaran di kampus saya adalah dengan sisitem UKT, sistem UKT apaan sih kak?

Ini aku cuplikan dari salah satu artikel ya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x