Mohon tunggu...
rafifrizqullah30
rafifrizqullah30 Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Saya merupakan mahasiswa aktif yang memiliki hobi foto, menulis dan jurnalistik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Edukasi Masyarakat Cegah Covid-19 dengan Berbagi Masker Gratis

23 Mei 2022   11:15 Diperbarui: 23 Mei 2022   11:29 29 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi Masyarakat Cegah Covid - 19 (Dokpri)

Corona virus Disease-2019 (COVID-19) diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).Corona virus Disease-2019 (COVID-19) diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Persebaran virus COVID-19 meningkat semakin cepat melalui tetesan air liur atau keluar dari hidung ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Akan tetapi, masih sangat minim pemahaman dan kesadaran masyarakat khususnya di Kota Malang yang mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Lokasi tersebut merupakan padat penduduk. Oleh karena itu, perlunya peningkatan pemahaman COVID-19 dan pentingnya mematuhi protokol kesehatan penanggulangan COVID-19.

 Kami melakukan pengabdian pada masyarakat melalui kegiatan Proyek Pengabdian Masyarakat  Covid-19. Kegiatan yang dilakukan dengan metode Edukasi COVID-19 Kepada Masyarakat Kota Malang . Proyek Pengabdian Masyarakat  ini dilakukan Pembagian masker dan  edukasi protokol kesehatan di lingkungan Sekitar Kota Malang . 

Tingginya kenaikan kasus Covid, Dinkes Kota Malang intensif dalam melakukan tracing dan testing kepada warga yang kontak erat dengan mereka yang terpapar.Di Kota Malang, tracing dilakukan dengan proporsi 1:15. Tahap berikutnya, dilakukan testing melalui tes swab kepada kontak erat dari warga yang terpapar Covid-19. Dampaknya dari kuatnya tracing dan testing, yakni adanya penambahan kasus. Dari hasil tracing dan testing, kata Husnul, masih belum dapat disimpulkan apakah tingginya kasus Covid di Kota Malang karena Omicron atau tidak karena untuk menyimpulkan apakah warga terpapar varian baru atau tidak harus melewati beberapa tahapan pemeriksaan.

Hal yang paling mudah dilakukan untuk mencegah penyebaran kasus covid -19 adalah dengan menggunakan masker. Hanya dengan menggunakannya dan menjauhi kerumunan merupakan hal yang sangat mudah dan sederhana untuk mengurangi penyebaran covid - 19. Namun saat ini sangat sulit umtuk menghindar dari kerumunan karena mau tidak mau kita harus mealkukan interaksi dengan individu lain maupun kelompok untuk bertransaksi ataupun melakukan kegiatan lainnya.

Maka dari itu penggunaan masker sangat penting ketika berada atau berinterasi di keramaian. Kesadaran peggunaan masker perlu ditingkatkan meskipun terlihat sepele namun efeknya sangat berbahay jika diabaikan. Oleh karena itu kami berinisiatif untuk melakukan project  pengabdian masyarakat untuk membagikan masker gratis sekaligus menanamkan kesadaranmenggunakan masker di wilayah Universitas Negeri Malang ( Pasar Takjil Ramadhan2022 )

Edukasi Masyarakat Cegah Covid - 19 (Dokpri)
Edukasi Masyarakat Cegah Covid - 19 (Dokpri)
Edukasi Masyarakat Cegah Covid - 19 (Dokpri)
Edukasi Masyarakat Cegah Covid - 19 (Dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan