Mohon tunggu...
Rafif Nabil
Rafif Nabil Mohon Tunggu... buruh

Law&Music

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Perihal Kewajiban Menyalakan Lampu Sepeda Motor di Siang Hari yang di Uji Materikan Mahasiswa

18 Januari 2020   10:20 Diperbarui: 18 Januari 2020   10:20 44 0 0 Mohon Tunggu...
Perihal Kewajiban Menyalakan Lampu Sepeda Motor di Siang Hari yang di Uji Materikan Mahasiswa
Sumber Gambar:Kompas.com

Diberbagai media massa dikabarkan berita terkait 2 mahasiswa yang melakukan uji materi terhadap Pasal 107 ayat 2 UULLAJ dan 293 ayat 2. Karena dianggap bertentangan dengan Pasal 27 UUD 1945 dan memohonkan agar ketentuan pasal tersebut agar dinyatakan bertentangan dengan UUD 1945 atau bila Mahkamah berprndapat lain dapat mengubah frase pagi hari pada pasal tersebut menjadi pagi hari.(kompas.com)

Pasal 107 ayat 2 mewajibkan bagi pengendera sepeda motor untuk menyalakan lampu utama sepeda motor pada siang hari. Karena kebiasaan umumnya pesepeda motor sebelum adanya ketentuan pasal tersebut lampu utama sepeda motor hanya dinyalakan pada malam hari. Apalagi diera 2020 mode lampu sepeda motor saat ini sudah otomatis menyala tidak ada tombol on off-nya, kecuali motor-motor keluaran 2010-an kebawah.

Dalam hal ini penulis meyakini bahwasanya aturan ini tidak semata-mata dibuat begitu saja tentunya, pihak kepolisian mempunyai alasan demi keselamatan pengendara sepeda motor itu sendiri. Kajian Ilmiahnya bisa pembaca cari sendiri di berbagai media-media nasional lainya. Karena aturan tersebut dinegara-negara lain juga diberlakukan juga.

Kecermatan Pemohon

Penulis berpandangan bahwasanya pemohon dalam hal ini cermat dalam memaknai pasal 107 ayat 2 dimana frase siang hari untuk kewajiban menyalakan lampu sepeda motor sedangkan pemohon ditilang pada pagi hari. 

Tentunya ini adalah kelemahan pasal 107 ayat 2 jika kita menfasirkan frase siang hari tentunya kewajiban itu hanya berlaku untuk siang hari, pagi dan sore hari tidak berlaku. Silahkan pembaca mendefinisikan perbedaan pagi, siang dan sore.

Mengenai malam hari kewajiban menyalakan lampu utama sudah diatur dalam Pasal 107 ayat 1 untuk semua jenis kendaraan termasuk motor dan ternyata dalam pasal tersebut  tidak hanya malam ada frase kondisi tertentu yang dijelaskan dalam penjelasan pasal tersebut yaitu kondisi jarak pandang karena terbatas karena gelap, hujan lebat, terowongan dan kabut.

Mengubah frase siang hari menjadi sepanjang hari
Pokok permohonan pemohon salah satunya menyebutkan jika Mahkamah berpendapat lain, menyatakan frase pagi haru diubah menjadi sepanjang hari. Menurut penulis permohonan yang ini sangat bisa diterima, karena jika diubah menjadi sepanjang hari untuk pasal 107 ayat 2 UULLAJ akan memberikan kepastian hukum untuk pihak kepolisian.

Hormati Proses Judicial Review
Tentu tulisan penulis diatas adalah pandangan subjektif penulis dan tentu mahkamah konstitusi dalam hal ini yang punya kewenangan secara UU untuk menguji Suatu UU termasuk pasal 107 ayat 2 dan 293 ayat 3 UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,karena sebagai Warga Negara yang baik kita harus menerima apapun nanti yang diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi terkait pasal yang diujikan oleh mahasiswa.

Refrensi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x