Mohon tunggu...
Raffi ArsyadMaulana
Raffi ArsyadMaulana Mohon Tunggu... Mahasiswa FISIP UAJY 2017

Mahasiswa FISIP UAJY 2017

Selanjutnya

Tutup

Media

Sleman-Football.com, Media Baru dalam Portal Berita Sepak Bola Lokal

26 Oktober 2020   03:33 Diperbarui: 26 Oktober 2020   03:38 12 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sleman-Football.com, Media Baru dalam Portal Berita Sepak Bola Lokal
Sumber: akudigital.com

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu dari beberapa provinsi di Indonesia yang memiliki antusiasme luar biasa dalam perihal sepakbola khususnya sepakbola lokal. Terdapat tiga klub lokal yang memiliki nilai pasar besar serta berasal dari Yogyakata, mereka adalah Persiba Bantul, PSIM Jogja, dan juga PS Sleman. 

Ketiga tim sepakbola ini saling bersaing untuk mejadi yang nomor satu dalam hal prestasi sepakbola di Indonesia. Tentunya, mereka memiliki portal berita yang menyajikan segala informasi-informasi terkait tim tersebut baik dalam lapangan maupun luar lapangan. Salah satu portal berita tersebut adalah Sleman-football.com yang memberikan informasi perkembangan seputar sepakbola khususnya Sleman. Pada situs ini kita dapat menerima informasi yang baru yang belum pernah kita dapatkan sebelumnya seperti mengenai arsip, statistic pertandingan-pertandingan tim PS Sleman, dan juga banyak hal-hal yang lain.

Kemudian, apakah Sleman-Football.com termasuk kedalam media baru? Sebelum menentukan, simak ulasan berikut ini yang akan membahas mengenai media baru atau new media.

Sumber: sleman-football.com
Sumber: sleman-football.com

Media baru sangat bergantung pada suatu teknologi berupa jaringan internet yang saling terhubung dengan pengguna yang lain, hal ini dapat lebih jelas dilihat dengan mengetahui karakteristik media baru.

Karakteristik media baru yang pertama yaitu digital, dengan adanya digitalisasi penyebaran informasi akan lebih cepat tersebar bahkan secara lebih luas juga. Selain itu digitalisasi juga mempermudah konvergensi dalam hal ini teknologi yang menggambungkan gambar, suara, serta teks menjadi satu. Tentu saja karakteristik ini terdapat pada portal Sleman-Football.com seperti beberapa berita dan konten yang telah mereka unggah dan mereka sampaikan pada situs resmi mereka.

Interaktivitas menjadi karakteristik media baru atau new media yang kedua, media baru memiliki jenis interaksi secara dua arah sehingga memberi kemungkinan akan terjadinya komunikasi antara creator dan pengguna untuk melakukan interaksi. Hal ini dapat diemukan pada situs resmi mereka pada setiap artikel yang telah mereka unggah sehingga dapat dibaca oleh para pengguna yaitu adanya kolom komentar. Kolom ini akan membantu para pembaca untuk memberikan tanggapan mereka terkait berita yang telah mereka baca, setelah memberi tanggapan, pihak situs dapat membalas komntar yang ada sehingga menyebabkan terjadinya komunikasi secara dua arah dan tentunya menimbulkan interaksi.

 Karakteristik berikutnya sangat berkaitan dengan database yaitu hipertekstual yang member arahan pada suatu artikel terhadap atikel lain yang serupa. Hal ini akan sangat memudahkan dan membantu para pembaca untuk mencari artikel dan membaca artikel lain secara ceat dan ringkas sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Karakteristik ini dapat kita jumpai pada artikel yang ada pada situs mereka dan dengan demikian satu karaktersitik kembali dipenuhi.

Sumber: Sleman-Football.com
Sumber: Sleman-Football.com

Kemudian karakteristik selanjutnya yaitu virtual, karakteristik ini sangat erat hubungannya dengan perkembangan teknologi yang ada seperti video dan gambar. Hal ini akan menimbulkan efek yang lebih seperti efek yang menyebabkan para penggunanya menjadi seolah-olah dirasakan secara nyata dan memberikan pengalaman yang lebih baik sehingga pesan yang diberikan akan lebih mudah ditangkap dan informasi akan lebih cepat diterima oleh para pembaca. Karakteristik ini terdapat pada situs Sleman-Football yang memberikan para pengunjungnya merasakan hal tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x