Mohon tunggu...
Aunurrafiq Abdullah
Aunurrafiq Abdullah Mohon Tunggu...

Menyukai Proses Hidup dan Selalu Berprasangka Baik Kepada Sang Empunya Kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Piala Gubernur Kaltim Sarat Gengsi

14 Januari 2016   14:41 Diperbarui: 14 Januari 2016   20:46 396 6 5 Mohon Tunggu...

Ilustrasi - sepak bola (Shutterstock)

Setelah 3 Turnamen yang digelar sejak dibekukannya PSSI oleh Kemenpora (Piala Kemerdekaan, Piala Presiden dan Piala Jenderal Sudirman), Publik Sepakbola Tanah Air kembali akan disuguhi sebuah Turnamen yang tak kalah bergengsi, adalah Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka memeriahkan hari jadinya akan menghelat sebuah Turnamen berdurasi 1 bulan penuh (6 Februari - 28 Februari 2016).

Stadion Utama Palaran Samarinda yang berkapasitas 60 ribu tempat duduk akan menjadi tempat dilangsungkannya Pembukaan dan Penutupan. Stadion yang menjadi pelopor stadion pertama di Indonesia yang memasang nomor di tempat duduknya ini bersama dengan 3 stadion lainnya, yaitu Stadion Segiri Samarinda, Stadion Persiba Balikpapan dan Stadion Aji Imbut Tenggarong akan diproyeksikan menjadi venue dalam menjamu tamu-tamu Pusamania Borneo FC, Mitra Kukar dan Persiba Balikapan, 3 klub kebanggaan Kaltim tersebut plus 1 tim PON Kaltim, pastinya punya semangat yang lebih berlipat dibanding 8 tim lainnya, demi mempersembahkan kado ulang tahun terbaik untuk Kalimantan Timur.

Pusamania Borneo FC, Persiba Balikpapan dan Mitra Kukar masing-masing akan menjadi tuan rumah dari 3 pembagian grup dari   12 tim yang akan berlaga dalam Piala Gubernur Kaltim 2016 tersebut. 7 tim atau klub lainnya yang sudah memastikan akan ikut serta adalah Arema Cronus, Persija Jakarta, Sriwijaya FC, Semen Padang, Persipura Jayapura, Bali United Pusam, serta Tim PS TNI.

Sedangkan untuk Persib bandung hingga berita ini ditulis, klub berjuluk "Pangeran Biru" tersebut belum memberikan jawaban pasti. Terkait dengan hal tersebut pihak penyelenggara melalui keterangan Pers Bapak Yunus Nusi menyatakan "Kami tetap memberikan waktu selama satu minggu untuk pendaftaran". Namun jika ternyata tetap tidak ada kabar, maka kami akan mengambil dari tim lain yang berminat bergabung, seperti Persela Lamongan, Martapura FC, atau Gresik United. Ketiga tim itu sudah menyampaikan ketertarikannya untuk ikut,” lanjutnya.

Regulasi Piala Gubernur Kaltim 2016 hampir sama dengan Piala Sudirman 2016. Bedanya hanya pada kewajiban menurunkan pemain muda U21 di line up. Sedangkan soal format peringkat klasemen, menang normal dapat 3 poin kalah normal 0 poin. Sedangkan hasil seri dilanjutkan dengan adu penalti, atau sama dengan Piala Sudirman. Menang penalti dapat 2 poin, kalah penalti 1 poin. Setelah babak penyisihan dilanjutkan pada babak 8 besar atau perempat final, semifinal dan final dengan format sistem gugur.

Salah satu yang menjadi daya tarik turnamen itu adalah soal hadiah yang bakal didapatkan oleh tim juara. Tanpa mencolek dana APBD, melainkan mengandalkan perusahaan-perusahaan tambang batubara dan kelapa sawit serta Migas di Kaltim, pihak penyelenggara akan menggelontorkan hadiah yang tidak kalah dengan Piala Presiden, selain itu setiap tim juga bakal mendapatkan match-fee (uang pertandingan) di setiap laga. Meski begitu, uang pertandingan yang akan didapatkan setiap tim bakal berbeda-beda tergantung dari hasil yang diraih tim tersebut.

Berikut Jadwal Lengkap Pertandingan dan Hadiah yang disediakan:

Jadwal schedule Piala Gubernur Kaltim 2016.
6 Februari 2016 : Pembukaan
6-15 Februari 2016 : Penyisihan
18-21 Februari 2016 : Perempat final
23-24 Februari 2016 : Semifinal
28 Februari 2016 : Final

Match fee Babak Penyisihan
Menang normal : Rp 125 juta
Kalah normal : Rp 75 juta
Menang penalti: Rp 110 juta
Kalah penalti : Rp 90 juta

Babak Perempat Final:
Menang: Rp 125 juta
Kalah : Rp 75 juta

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x