Mohon tunggu...
Rafa Mufida
Rafa Mufida Mohon Tunggu... Karyawan

Pengikat ilmu dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Seberapa Nasionalis Saya?

29 November 2019   14:35 Diperbarui: 29 November 2019   14:49 5 1 0 Mohon Tunggu...

Beberapa tahun lalu booming kaus Damn I love indonesia yang dipelopori VJ kondang Daniel Mananta yang kebetulan adalah mantan pacar Agnes Monica. Nama terakhir adalah yang mengguncang jagat dengan kata kata" saya tidak berdarah Indoensia" .

Pertanyaannya dilihat dari mana seorang Warga Negara adalah seorang nasionalis bagi negaranya. Menurut saya singkat saja..seberapa besar dia meletakkan kepentingan negaranya diatas kepentingan pribadinya.

Jika seseorang sanggup berkorban entah dengan materi, tenaga dan waktu atau apapun yang dia punya untuk negaranya maka dialah nasionalis. Nasionalisme mirip dengan cinta..kalau kita cinta indonesia otomatis kita adalah nasionalis. ketika kita cinta terhadap sesuatu atau seseorang tentu kita sering mengorbankan milik kita demi kejayaan, kemenangan, kegemberiaan yang kita cintai.

Pahlawan pendahulu kita adalah nasionalis karena mengorbankan diri bahkan dengan nyawa demi yang dicintainya yaitu Kemerdekaan Indonesia

Atlet kita adalah nasionalis karena mengorbankan waktu , materi dan  keluarga demi keharuman nama Indonesia. 

Tentara kita adalah nasionalis karena meninggalkan keluarga berbulan bulan demi menjaga kehormatan Indonesia

Dan sangat banyak profesi lain yang nasionalis karena mereka memperjuangkan Indonesia dengan cara masing masing.

Ada yang mengenalkan nama indonesia di luar negri, ada yang memperjuangkan kepentingan rakyat Indonesia, dsb dsb..

So marilah kita melihat diri sendiri ..seberapa cinta atau nasionalis kita dengan melihat seberapa banyak pengorbanan yang kita lakukan..

VIDEO PILIHAN