Mohon tunggu...
Politik

Luhut Panjaitan dan Secuil Kepribadiannya

11 Desember 2017   08:32 Diperbarui: 11 Desember 2017   09:03 0 0 0 Mohon Tunggu...
Luhut Panjaitan dan Secuil Kepribadiannya
foto oleh Ambrosius Ambarita : beritakepo.com

Siapa sih yang tidak mengenal Luhut, Luhut Binsar Panjaitan  lengkapnya, beliau saat ini menjabat sebgai menko kemaritiman dalam  kabinet kerja di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo,

dilihat  secara singkat dalam biografi beliau Luhut Panjaitan adalah mantan  Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI. Pria yang banyak mendapatkan  prestasi di bidang akademik ini dikenal sebagai pribadi yang rajin  berolahraga.

Luhut mendapat promosi pangkat jenderal berbintang  tiga saat ia dipercaya sebagai Komandan Pendidikan dan Latihan TNI  Angkatan Darat di Bandung. Kemudian ia menjabat menteri dan dianugerahi  pangkat jenderal berbintang empat purnawirawan.

Ia juga menerima  penghargaan Adimakayasa. Penghargaan itu merupakan penghargaan terhormat  di Akademi Militer selepas pendidikan dari Akademi Militer dengan  pangkat letnan dua, langsung bertugas di Kopassus.

Di Kopassus,  Luhut Panjaitan pernah menjabat menjadi Komandan Pusat Pendidikan  Kopassus di Batujajar, Bandung. Sebagai asisten Operasi di Markas  Kopassus serta Komandan pertama Detasemen 81 yang sekarang disebut  Detasemen Penanggulangan Teror atau Gultor 81. Satuan detasemen yang  sangat disegani dan secara khusus menangani masalah teroris saat itu.

Luhut membangun detasemen ini mulai dari nol, saat Panglima ABRI dijabat oleh Jenderal Benny Moerdani.

Suami  dari Devi boru Simatupang, ini juga pernah menjadi Komandan Pusat  Kesenjataan Infantri di Bandung. Saat menjabat Komandan Korem di Madiun,  dia meraih prestasi sebagai Komandan Korem terbaik.

Pada saat  mudanya, ia aktif sebagai atlet renang, karate, judo dan terjun payung.  Bahkan ia pernah menjadi atlet renang dari Provinsi Riau. Dia juga  pernah meraih medali di PON di Bandung. Ia dikenal rajin mengikuti  olahraga karate dan judo serta terjun payung.

Sebelum  menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan di era pemerintahan  reformasi, dia juga aktif sebagai seorang pengusaha. Luhut kemudian  mendirikan sekolah Politeknik DEL di Balige.

Berkat kerja kerasnya di dunia militer dan politik membuat nama Luhut banyak dikenal oleh luas oleh khalayak ramai,

foto oleh Henry Lopulalan : Harian Warta Kota
foto oleh Henry Lopulalan : Harian Warta Kota
Disini  penulis akan mencoba untuk mengupas kepribadian dari Luhut Panjaitan,  teori yang digunakan oleh penulis dalam usahanya adalah Big Five Personalitydalam  teori ini kepribadian tidak bukan menggolongkan individu menjadi 5  bagian melainkkan ada 5 aspek yang menyusun kepribadian dari seseorang  individu, pendekatan ini diperkenalkan oleh Goldberg pada tahun 1981,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x