Mohon tunggu...
Raesita Rakhmawati
Raesita Rakhmawati Mohon Tunggu... Dosen - Dosen, Universitas Terbuka

Pecinta kuliner, jajan, dan jalan - jalan

Selanjutnya

Tutup

Trip

5 Destinasi Wisata Terbaik di Jawa Timur

29 Juli 2022   14:15 Diperbarui: 29 Juli 2022   14:22 94 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Secara geografis Provinsi Jawa Timur berbatasan langsung dengan daerah -- daerah yang memiliki keindahan alam yang amat mempesona, seperti Laut Jawa di sebelah utara, Selat Bali di sebelah Timur, Samudera Hindia di selatan, dan juga berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah di bagian Barat. Hal ini menjadikan Jawa Timur amat kaya dengan keindahan alamnya.

Provinsi dengan ibu kota Surabaya ini terbagi menjadi 29 kabupaten dan 9 kotamadya, dimana masing -- masing daerah memiliki potensi wisatanya sendiri. Mulai dari gunung, pantai, air terjun hingga wisata kota atau taman bermain. Berikut 5 destinasi wisata terbaik di Jawa Timur untuk Anda jelajahi selanjutnya!

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu destinasi wisata yang tidak bisa anda lewatkan jika berkunjung ke Jawa Timur. Gunung setinggi 2.329 mdpl ini adalah gunung berapi aktif yang terletak di empat wilayah, yakni Kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Probolinggo. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang melingkupi Kawasan Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Gunung ini terkenal hingga ke mancanengara karena pemandangan matahari terbitnya yang menakjubkan. Selain itu, anda juga bisa menikmati hamparan lautan pasir yang dikenal dengan nama 'pasir berbisik'. Anda juga bisa merasakan sensasi menunggang kuda di padang pasir untuk menuju ke puncak gunung.

2. Kawah Ijen

Sumber: goodnewsfromindonesia.id
Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Kawah Ijen terletak di daerah Banyuwangi  pada ketinggian 2.386 mdpl. Gunung api yang masih aktif ini sangat terkenal karena fenomena alamnya yang sangat unik dan tidak ada duanya yaitu blue fire. Blue fire muncul karena reaksi gas dari gunung belerang dan bercampur dengan oksigen yang membentuk lidah api berwarna biru. Untuk bisa menyaksikannya, anda harus berangkat pada pukul 01.00 dini hari agar sinar matahari tidak mengaburkan fenomena alam yang indah ini. Bulan Juli -- September atau ketika musim kemarau adalah waktu terbaik untuk mengunjungi ijen. Pada waktu tersebut api akan tampak lebih besar dan jelas.

3. Taman Nasional Baluran

Sumber: seindotravel.com
Sumber: seindotravel.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan