Mohon tunggu...
Zaiful Hasan
Zaiful Hasan Mohon Tunggu... Mahasiswa Pend. IPS UIN MALIKI MALANG 2019

Selagi masih muda, lakukan, lakukan, lakukan...

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Landasan Hukum Pendidikan di Indonesia

30 November 2019   11:14 Diperbarui: 30 November 2019   11:18 2424 0 0 Mohon Tunggu...

Kata landasan dalam hukum berarti melandasi atau mendasari atau titik tolak. Contoh dari landasan dalam hukum yaitu seorang guru boleh mengajar misalnya, adalah surat keputusan tentang pengangkatannya sebagai guru yang melandasi atau mendasari dia menjadi guru adalah surat keputusan itu beserta hak -- haknya. Surat keputusan itu merupakan titik tolak untuk dia bisa melaksanakan pekerjaan guru.

Sementara itu kata hukum dapat dipandang sebagai aturan baku yang patut untuk ditaati. Aturan baku yang sudah disahkan oleh pemerintah ini, bila dilanggar akan mendapatkan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku pula. Contohnya seorang peserta didik yang kehadirannya kurang dari 75% tidak diizinkan mengikuti ujian akhir.

Hukum atau aturan baku diatas, tidak selalu dalam bentuk tertulis. Seringkali aturan itu dalam bentuk lisan, tetapi diakui dan ditaati oleh masyarakat.Hukum adat misalnya, banyak yang tidak tertulis, diturunkan secara lisan turun temurun di masyarakat.Hukum seperti ini juga dapat menjadi landasan pendidikan. Sehingga landasan hukum dapat diartikan peraturan baku sebagai tempat berpijak atau titik tolak dalam melaksanakan kegiatan -- kegiatan tertentu, dalam hal ini kegiatan pendidikan.

Pasal -- pasal yang bertalian dengan pendidikan dalam Undang -- Undang Dasar 1945 hanya 2 pasal, yaitu pasal 31 dan pasal 32. Satu dari pasal tersebut menceritakan tentang pendidikan dan yang satu menceritakan tentang kebudayaan. Pasal 31 ayat 1 berbunyi : tiap -- tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran. Ayat 2 pasal ini berbunyi : setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

Pasal 32 Undang -- Undang Dasar itu pada ayat 1 bermaksud memajukan budaya nasional serta memberi kebebasan kepada masyarakat untuk mengembangkannya dan Ayat 2 menyatakan negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai bagian dari budaya nasional. pendidikan adalah bagian dari kebudayaan.

Seperti yang kita ketahui bahwa kebudayaan adalah hasil dari budi daya manusia. Kebudayaan akan berkembang bila budi daya manusia ditingkatkan. Sementara itu sebagian besar budi daya bisa dikembangkan kemampuannya melalui pendidikan. Jadi, bila pendidikan maju, maka kebudayaan pun akan maju pula.

VIDEO PILIHAN