Mohon tunggu...
Eko Dardirjo
Eko Dardirjo Mohon Tunggu... Jurnalis - Menulis

Pengurus Rumah Literasi Waskita Brebes

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kenalkan Berwirausaha Lewat Bazar Sekolah

23 Oktober 2022   10:46 Diperbarui: 23 Oktober 2022   11:07 365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bazar Produk UMKM Makanan dan Minuman  merupakan sebuah cara agar siswa-siswi lebih banyak mengenal berwirausaha, hal ini sangat penting bagi mereka yang sudah menginjak kelas XI sehingga cara pandang siswa saat ini tidak melulu adalah bekerja di perusahaan atau PT yang ada mengingat persaingan yang begitu luar biasa untuk masuk ke sebuah perusahaan. Dengan begitu mereka berbondong-bondong untuk menampilkan gelar Makanan dan Minuman yang menurutnya akan laku di jual. 

Dalam gelaran Bazar, sebanyak 26 Talent UMKM di Serbu pengunjung, kegiatan bazar yang dilaksanakan di dalam GOR Ahmad Dahlan SMK Muhammadiyah Larangan merupakan kelas XI semua yang juga sebagai kegiatan mata pelajaran PKK, sehingga kegiatan ini dimaksudkan sebagai cara pandang agar mereka mulai melirik untuk wirausaha saat lulus nanti. 

Bazar Makanan dan Minuman ini di lakukan sebagai kegiatan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan serta sebagai ajang latihan calon wirausahawan dari para siswa-siswi di SMK Muhammadiyah Larangan. Mereka menyajikan berbagai menu dari makanan dan minuman untuk di jual sebagai makanan yang di pilih untuk di jajakan ke pengunjung.

Peluang siswa-siswi yang ada untuk menjadi seorang wirausahawan sangatlah terbuka lebar, dengan adanya bazar mereka di suguhkan menjadi pelaku UMKM yang sesungguhnya, dari cara mengolah makanan, packing makanan dan minuman sampai menjajakan atau menawarkan makanan ke pengunjung yang datang sehingga pembeli akan melihat lalu membeli, dari hasil itu yang akan menjadi penilaiannya, makanan dan minuman yang habis akan di nilai bagus karena secara otomatis mereka mempersiapkan pilihan makanan yang baik dan sampai laku keras. 

Bazar ini siswa diberikan kebebasan memilih makanan dan minuman dan targetnya bisa di jual ke pengunjung yakni dari siswa-siswi lain dan juga guru SMK Muhammadiyah Larangan. 

Target selanjutnya adalah mereka bisa mempraktekkan di luar sekolah atau mulai berwirausaha sebagai kegiatan selain mereka sekolah atau memanfaatkan waktunya untuk berjualan sebagai pasif income sehingga kebiasaan baik di bazar bisa terus kontinyu

Kegiatan bazar bagi sekolah merupakan bentuk partisipasi mereka mensukseskan program Merdeka Belajar,  dan juga persiapan untuk Gelar Karya P5 yang akan di persiapkan bulan Desember nanti di SMK Muhammadiyah Larangan, terlebih bazar ini juga memfokuskan pada siswa lebih aktif dalam mempersiapkan keberhasilan siswa dan sesuai keinginan dan kebutuhan siswa-siswi lainya. Termasuk sekolah akan terus memberikan stimulan dan inovasi bagi siswa-siswi agar mereka ketika lulus seenggaknya bisa menjadi sosok wirausahawan dan menjadi salah satu pilihan karirnya nanti.

Tentu ini menjadi kebanggaan dan harus di apresiasi, mereka menjalankan kegiatan bazar dan siswa-siswi yang bazar hari ini terlihat senang dan menikmati sehingga ada yang akhirnya melirik akan melanjutkan wirausaha di rumahnya sendiri dengan market sekolah atau masyarakat lain, tentu akan terus di dukung demi pilihan karir siswa-siswi di SMK Muhammadiyah Larangan saat ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun