Mohon tunggu...
Radex Nugraho
Radex Nugraho Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis, Peternak Lebah, Pelajar Mandarin, Pecinta Anjing, Akupunturis, Pekebun, Warga Kota Salatiga dan pemilik lapak Tokopedia dengan ID "Amanah Raja"

Penulis, Peternak Lebah, Pelajar Mandarin, Pecinta Anjing, Akupunturis, Pekebun, Warga Kota Salatiga dan pemilik lapak Tokopedia dengan ID "Amanah Raja"

Selanjutnya

Tutup

Muda

Urutan Kata (SPOK) Dalam Mandarin

30 September 2015   22:31 Diperbarui: 10 Oktober 2015   05:59 5936 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

 

Juga dikenal dengan urutan kalimat, 语序 (yǔxù) and 词序 (cíxù).

 

 

Dasar Kalimat SPO

Pada tingkatan ini, urutan kalimat mandarin amat mirip dengan Indonesia. “SPO” kepanjangan dari “Subyek Predikat Obyek”. Untuk kalimat sederhana yang agak ekstrim seperti “aku mencintaimu” atau “dia makan rumput”, susunan kalimat mandarin sesuai dengan Indonesia, secara harafiah, kata per kata. Namun ini tidak termasuk detail detail kecil seperti imbuhan atau kata depan.

Subyek + Predikat + Obyek


Menambahkan Informasi Tambahan ke Sebuah Kalimat
Konsep ini seharusnya tidak butuh waktu lama untuk menguasainya, Ini masuk akal “secara dasarnya” untuk pembicara Indonesia.

Lebih detail dapat ditambahkan ke susunan dasar kalimat. Bagaimana melakukannya di tunjukkan dibawah.

Penempatan Kata Waktu  Didalam Kalimat

Kata waktu, bagian KAPAN didalam sebuah kalimat, mempunyai kasus khusus didalam mandarin, Mereka biasanya datang pada awal sebuah kalimat, sebelum atau tepat setelah subyek, tetapi mereka tidak akan terlihat terletak di akhir kalimat (dimana sering tampak didalam bahasa Indonesia).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Muda Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan