Radivadilla
Radivadilla Pejuang Sarjana Sastra

Mahasiswa Sastra Jepang yang tidak bisa bahasa Jepang. Senang menulis apapun kecuali skripsi. Kritik dan saran, silakan layangkan e-mail ke : radivadilla@gmail.con

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Mengenal Kebengisan di Balik Wajah Manis Im Si Wan dalam "Merciless"

18 September 2018   11:04 Diperbarui: 18 September 2018   11:27 430 1 0
Mengenal Kebengisan di Balik Wajah Manis Im Si Wan dalam "Merciless"
Merciless (2017)

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata boyband Korea Selatan? Sebagian besar K-Popers pasti akan menyebutkan nama idola mereka yang tampan beserta kemampuan menari atau suara merdunya. Dan mungkin untuk mereka yang anti K-Pop tidak akan terlalu berminat membahas masalah tersebut.

Selain menari dan bernyanyi, beberapa anggota boyband Korea Selatan juga sudah terjun di bidang akting. Sebagian besar dari mereka akan menjajal bermain drama bersama idola perempuan yang cantik, atau menjajal film keluarga yang menguras air mata.

Beberapa dari mereka bahkan lebih dikenal sebagai aktor ketimbang sebagai anggota boyband. Kemampuan akting yang mumpuni dan deretan judul film yang sudah dibintangi membuat nama mereka justru meroket di industri perfilman. Sebut saja Im Si Wan, salah satu anggota boyband ZE:A yang dikelola oleh Star Empire Entertainment.

Dibandingkan sebagai anggota boyband, Si Wan lebih dikenal berkat perannya dalam drama seri dan film. Sebagai debutan anggota boyband, tentu saja Si Wan memiliki wajah tampan yang cenderung manis. Wajah yang membuat kaum hawa pasti langsung jatuh hati dengan peran yang dibintanginya dalam film.

Dengan wajah manisnya, mungkin Im Si Wan akan sangat cocok berperan sebagai pemuda baik hati yang bergelut dalam kisah cinta dengan seorang gadis. Wajah yang membuatnya tidak cocok mendapatkan peran antagonis dalam film, meskipun tidak semua peran antagonis diibaratkan dengan wajah yang seram dan bengis.

Jika Anda masih berpikiran film Korea bukanlah film yang bisa dinikmati segala kalangan tidak seperti film Hollywood, entah itu karena pemainnya tidak ada yang sekeren Henry Cavill, atau karena Anda berpikir industri film Korea sama saja dengan industri musiknya. Maka persepsi Anda akan dipatahkan oleh Im Si Wan.

tabloidbintang.com
tabloidbintang.com
Musik dan film adalah dua hal yang berbeda. Memiliki wajah tampan dan suara merdu sebagai idol KPop tidak mematahkan keprofesionalismean Im Si Wan dalam memikul beban memerankan Jo Hyun Su di film Merciless (2017).

Sutradara Sung Hyun Bun nampaknya cukup berani memanggil nama Si Wan untuk memerankan karakter seorang polisi bernama Hyun Su dalam film-nya yang bergenre aksi-kriminal. Berduet dengan aktor senior kenamaan, Kyung Gu Sol, keduanya menciptakan sebuah pemahaman baru mengenai perfilman Korea Selatan.

Meskipun bukan film aksi pertamanya, Im Si Wan tetap mampu menampilkan sosok yang lain dalam karakter Hyun Su.

Jo Hyun Su merupakan seorang rekrutan polisi muda yang diminta menyamar menjadi narapidana dan menyelidiki seorang anak buah gembong narkoba terbesar bernama Han Jae Ho (Kyung Gu Sol). Han Jae Ho adalah penjahat yang paling ditakuti, bahkan di dalam sel tahanan pun ia adalah pemimpin yang membuat tahanan lainnya bertekuk lutut.

empireonline.com
empireonline.com
Mulanya, Hyun Su menolak perintah itu. Namun karena ibunya sakit parah dan membutuhkan biaya operasi, Hyun Su pada akhirnya menerima perintah itu agar pihak polisi dapat menjamin biaya operasi ibunya.

Hyun Su kemudian masuk ke dalam penjara sebagai salah seorang tahanan. Dan setelah melakukan beberapa aksi, ia berhasil mendapat simpati dari Han Jae Ho. Keduanya pun mulai menjalin persahabatan dan saling menaruh kepercayaan satu sama lainnya.

Hingga suatu ketika ibu Hyun Su dikabarkan meninggal akibat tabrak lari, Hyun Su beranggapan bahwa tidak ada orang yang mau peduli terhadapnya. Termasuk atasannya di kepolisian yang melarang Hyun Su keluar dari penjara selama beberapa hari untuk menghadiri pemakaman ibunya. Dan di sanalah Jae Ho menunjukkan rasa simpatinya, dengan mengandalkan kekuasaannya di penjara, Jae Ho membantu  Hyun Su keluar untuk menghadiri pemakaman ibunya.

screenanarchy.com
screenanarchy.com
Hubungan di antara Hyun Su dan Jae Ho terlihat semakin intens. Bahkan beberapa anggapan bahwa film ini menyembunyikan unsur bromance pun juga muncul di beberapa permukaan.

Hubungan mereka berdua sangat rumit, tentang kepercayaan, pengkhianatan dan beberapa bumbu kekerasan. Polisi takut Hyun Su malah terlalu dalam menjalin hubungan dengan Jae Ho dan anggota mafia lainnya. Dan Jae Ho juga tidak mau kalau Hyun Su mengkhianati dirinya.

Saat menikmati film ini, kita akan dibawa hanyut dalam dilema yang juga dirasakan Hyun Su. Bagaimana ia memilih antara sahabat barunya, atau tugas dan keluarganya. Selama bergabung dengan kawanan Jae Ho, Hyun Su berperan paling aktif untuk menghukum orang-orang yang berkhianat. 

Dengan wajah manisnya, Im Si Wan mampu menampilkan karakter Jo Hyun Su sebagai pemuda dingin penuh ambisi yang juga memiliki kebengisan di sudut hatinya.

Film ini memiliki ending yang tidak terduga, namun tidak terlalu buruk untuk memuaskan hati penontonnya. Ada beberapa pertanyaan yang mungkin akan muncul dari beberapa adegan  yang diperlihatkan.

Dan salah satu pertanyaan yang sampai sekarang masih saya pertanyakan adalah 'Kenapa Hyun Su menangis di akhir film? Apakah dia menyesal atas tindakannya? Ataukah dia memiliki perasaan khusus pada Jae Ho?'

inspiremekorea.com
inspiremekorea.com
Film Merciless ini mungkin agak bengis dan kejam karena beberapa adegan baku hantam yang menampilkan banyak darah. Plot ceritanya ditulis secara bebeda, maksudnya ada beberapa adegan di masa lalu dan ada beberapa adegan di masa sekarang ditampilkan secara bergiliran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2