Mohon tunggu...
Radityo
Radityo Mohon Tunggu... Cuma manusia biasa, banyak salahnya. Gimana donk?

Lewat 7 tahun lebih tinggal di Singapura. Banyak pelajaran, masih banyak juga yang harus dipelajari dari negeri yang disebut titik merah di peta oleh Habibie. Blog lainnya di https://mas-rdz.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Calon Ilmuwan Muda Indonesia, Ikutan Google ScienceFair Yuk!

22 Februari 2012   16:59 Diperbarui: 25 Juni 2015   19:19 736 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Calon Ilmuwan Muda Indonesia, Ikutan Google ScienceFair Yuk!
13299297051310145914

Baru hari ini saya melihat ada logo menarik ketika masuk ke GMail alias Google Mail, tertulis Google Science Fair dengan logo rangkaian pipa berwarna berbentuk kubus, tapi sayangnya keburu kepencet Enter dan masuk ke GMail. "Menarik" dalam hati saya. Berbekal kata Google Science Fair itu, saya mulai mencari di Search Engine Google sendiri. Dan paragraf berikutnya akan saya berikan gambaran kecil mengenai apa itu Google Science Fair.

Google Science Fair 2012 adalah sebuah kontes yang diadakan Google, untuk para calon ilmuwan muda di seluruh dunia, berkompetisi mengenai hal-hal berbau sains dan penelitian ilmiah! Syaratnya cukup mudah, berumur 13 s/d 18 tahun, dapat membuat tim berisi 2 atau 3 orang. Siapapun yang ingin mendaftar, harus registrasi akun Google terlebih dahulu, lalu kemudian ajak teman timnya melalui invitasi email. Syarat berikutnya juga harus memasukkan alamat email orang tua. Hal ini untuk syarat legalitas bahwa orang tua mengetahui apa yang dilakukan si anak untuk mengikuti kontes ini. Pendaftaran akan ditutup 1 April 2012, jadi segeralah registrasi jika mempunyai ide-ide sains gila.

Apa sih yang dikompetisikan?

Pasti bertanya-tanya apa yang dikompetisikan, kan? Peserta diharuskan membuat proyek ilmiah! Mungkin terlalu berat kalo dibilang proyek ilmiah. Cara berpikir yang mudah diterima adalah, pertanyaan aneh apa saja sih yang muncul di benak kita? Misalnya (kalo nyontek di halaman Google Science Fair), Why do cats purr? (mengapa kucing selalu mendengkur?). Dari pertanyaan ini, dapat dikembangkan ke pencarian sebuah jawaban, melalui penelitian kecil-kecilan.

Lebih lengkapnya (yang saya kutip di halaman Google Science Fair), adalah sebagai berikut:

  1. Registrasi ke Google, registrasi teman satu tim (tentunya juga harus 13 s/d 18 tahun), registrasi email orang tua juga.
  2. Isi halaman About Me yang mendeskripsikan tentang tim ini, apa saja passionnya, dan memperkenalkan background tim dan lain-lainnya.
  3. Cari pertanyaan, seperti yang saya utarakan diatas, tentang apa yang sudah diteliti, atau tentang apa yang ingin diteliti, dicari tahu, atau dibayangkan. Pertanyaan tidak harus hebat (misalnya: Who can go to the Pluto?, krn nggak rasional), tetapi cukup menarik untuk diteliti.
  4. Apa hipotesa dari pertanyaan yang muncul tadi, apa yang mungkin menjadi jawabannya.
  5. Riset / Penelitian. Deskripsikan bagian penelitian dan semua detail tentang risetnya. Juri hanya akan membaca deskripsinya saja, tetapi memang diperbolehkan menambahkan gambar, video, atau dokumen.
  6. Eksperimen. Lakukan eksperimen, dan jelaskan apa saja eksperimen yang sudah dilakukan untuk mencari jawabannya.
  7. Data. Laporkan semua data-data yang mendukung mengenai hasil eksperimen.
  8. Observasi. Laporkan pemahaman tim mengenai apa yang dilakukan saat eksperimen.
  9. Kesimpulan. Tuliskan apa kesimpulan mengenai hasil penelitian (ini yang akan menjadi jawaban dari pertanyaan di atas).
  10. Referensi. Tuliskan bahan-bahan referensi yang digunakan dalam penelitian tim.
  11. Acknowledge (maaf, belum temukan padanan kata tepat utk ini), dimana tim diminta menjelaskan, bahan apa saja yang dipakai, alat atau tools yang digunakan.

13299298621154471731
13299298621154471731
Pemenangnya dapat hadiah apa ya?

Hadiah utama? Ada hadiah perjalanan mengesankan bersama National Geographic, beasiswa Google sebesar USD $50K, segepok mainan Lego, Google Chromebooks (netbook), dan lain-lainya.

Buruan deh, biasanya anak-anak muda Indonesia pada ikutan klo ada kontes ginian (seperti Olimpiade Matematika barangkali...).

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x