Mohon tunggu...
Raditya Anugrah
Raditya Anugrah Mohon Tunggu... Pramusaji - Karyawan dan Penulis Lepas

Introvert penggemar Anime dan Tokusatsu yang suka menulis hal random

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

4 Kesalahan dalam Memelihara Ikan Channa, Bisa Berakibat Ikan Berumur Pendek

26 Oktober 2022   13:35 Diperbarui: 26 Oktober 2022   13:44 551
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ikan Channa menjadi ikan favorit para kolektor ikan. Karena selain tampilan yang cantik, ikan Channa juga cukup mudah dari segi perawatannya. Banyak orang rela mengeluarkan uang banyak demi memiliki jenis ikan satu ini. Seperti memelihara hewan lain, ikan Channa juga harus dirawat dengan baik dan benar supaya ikan dapat tumbuh dan bertahan hidup lebih lama.

Banyaknya penggemar ikan ini, membuat sebagian orang awam masih belum terlalu paham tentang perawatan ikan ini. Karena, jika salah sedikit saja, ikan jadi susah berkembang dan gampang sakit. Lebih parahnya lagi, bisa mengakibatkan ikan berumur pendek. Jadi, harus hati-hati dalam memelihara ikan ini.

Supaya tidak salah dalam perawatannya, berikut saya beri tau sedikit kesalahan apa saja yang bisa mengakibatkan ikan Channa berumur pendek.

1. Ukuran Akuarium Terlalu Kecil

Hal yang harus dipersiapkan sebelum membeli Channa adalah akuariumnya. Dalam memilih ukuran akuarium pun harus memiliki ukuran yang lebih luas dan besar dari ikan Channa sendiri. Yaa, setidaknya 2 kali lebih besar dari ukuran tubuh Channa tersebut. Hal ini harus diperhatikan, karena ikan Channa memiliki sifat yang aktif untuk bergerak.

Jika ukuran ruang geraknya kecil, bisa menyebabkan ikan Channa malas bergerak dan memungkinkan tubuh ikan jadi sulit untuk tumbuh. Karena, rata-rata ikan Channa dapat tumbuh hingga panjang 80 cm.

2. Tidak Rutin Mengganti Air

Dalam memelihara Channa, kita harus rutin mengganti airnya. Yaa, minimal 2 hari sekali. Memang kualitas air juga mempengaruhi pertumbuhan ikan Channa sendiri. Air yang terlalu lama tidak diganti dapat mengakibatkan tumbuhnya parasit dan bakteri dalam airnya.

Hal ini tentu saja dapat berdampak pada ikan sendiri, yaitu mudah stress dan juga lebih mudah terserang penyakit.

3. Terlalu Sering Memberi Makan Setiap Hari

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun