Mohon tunggu...
Rachmat Safitri
Rachmat Safitri Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mahasiswa Pasca Sarjana STP Trisakti

Menulis Artikel dunia Penerbangan, Logistik dan Pariwisata

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kontribusi dan Peran Pelanggan dalam Layanan Delivery

13 Juni 2022   09:00 Diperbarui: 13 Juni 2022   09:16 415
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Artikel dibuat oleh

Rahmat Safitri. SE

Mahasisawa Pasca Sarjana STP Trisakti

 

Kontribusi dan peran pelanggan dalam layanan Delivery 

Pengalaman layanan adalah hasil interaksi antara organisasi, sistem/proses terkait, pekerja layanan, dan pelanggan. Penelitian yang cukup besar dalam pemasaran dan manajemen telah meneliti kepuasan pelanggan dengan pengalaman layanan (misalnya, Arnold dan Price, 1993; Bitner, Booms, dan Mohr, 1994; Bitner, Booms, dan Tetreault, 1990; Keaveney, 1995; Ostrom dan Iacobucci, 1995; Surprenant, dan Solomon, 1987; Zeithaml, Parasuraman dan Berry, 1990).

Terutama, difokuskan pada peran proses layanan, orang, dan tidak berwujud dalam menciptakan pengalaman layanan yang berkualitas bagi pelanggan. Namun, dalam banyak layanan, pelanggan sendiri memainkan peran penting dalam menciptakan hasil layanan dan pada akhirnya meningkatkan atau menurunkan kepuasan mereka sendiri dan nilai yang mereka terima. Ini berlaku terlepas dari apakah pelanggan adalah konsumen. 

Tujuan (misalnya perawatan kesehatan, pendidikan, kebersihan pribadi atau nasihat hukum) atau bisnis (misalnya organisasi yang membeli layanan pemeliharaan, asuransi, konsultasi komputer atau pelatihan). 

Dalam semua contoh ini, pelanggan sendiri berpartisipasi sampai batas tertentu dalam menciptakan dan memastikan layanankepuasan mereka sendiri.

Fokus pada peran pelanggan dalam menciptakan kualitas dan produktivitas berdasarkan pengalaman layanan. Dengan menghadirkan dua kerangka kerja konseptual untuk mendukung pemahaman manajemen dan untuk memfokuskan upaya penelitian pada retensi pelanggan.

Kerangka pertama menangkap tingkat keterlibatan pelanggan dalam berbagai jenis layanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun