Rachman Evendy
Rachman Evendy

Berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya, pecinta traveling, peduli lingkungan, suka dunia usaha,

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Mengenal Istilah Truk Balen

10 Mei 2019   16:09 Diperbarui: 10 Mei 2019   16:31 11 0 0
Mengenal Istilah Truk Balen
Truk Balen

Sumber: www.angkutantruk.com

Dunia logistik pengiriman barang memang tidak lepas dengan sarana pendukungnya berupa alat transportasi untuk proses pengangkutan atau pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat lain. Di dalam dunia logistik ada 3 jalur yang bisa digunakan untuk pengiriman barang. Tiga jalur tersebut ada jalur darat, jalur udara, dan jalur air (laut).

Pengiriman barang menggunakan jalur udara sering disebut dengan cargo udara yang semua barangnya diangkut menggunakan pesawat terbang sebagai sarana transportasinya.  Menggunakan cargo udara bisanya untuk pengiriman yang membutuhkan kecepatan waktu sebagai prioritas utama agar barang cepat sampai. Selain itu jarak yang jauh juga menjadi faktor untuk menggunakan pengiriman lewat cargo pesawat.

Pengiriman barang menggunakan jalur air atau laut disebut dengan cargo laut atau biasa disebut juga dengan EMKL (Ekspedisi Muatan Kapal Laut). Banyak pengirim barang anatar pulau dan antar negara yang menggunakan jalur laut. Sarana transportasi yang digunakan ada dua macam yaitu dengan menggunakan truk trailer kontainer dan menggunakan kapal cargo laut. Barang yang ada di darat akan dikirim menggunakan truk kontainer ke pelabuhan bongkar muat barang dengan langsung memindahkan kontainer yang telah terisi barangnya ke dalam kapal cargo. Biasanya pengguna kapal cargo ini dipilih karena biayanya yang murah jika dibandingkan dengan pengiriman lainnya. Tapi menggunakan EMKL biasanya terkendala dengan lamanya waktu barang sampai ditujuan. Belum lagi harus mengoper barang dari kapal ke truk angkutan barang untuk mengirim lagi hingga benar-benar sampai ke tujuan akhir.

Pengiriman barang menggunakan jalur darat bisa menggunakan truk angkutan barang dan cargo kereta apa. Truk merupakan sarana transportasi darat yang paling populer dan sering digunakan oleh banyak orang karena bisa menjemput barang hingga keberbagai tempat. Banyak pelaku usaha yang menggunakan jasa ekspedisi trucking untuk pengiriman barangnya hingga ke tangan konsumennya. Para pelaku usaha banyak yang mencari jasa pengiriman murah dengan menggunakan truk balen. Tapi tahukan anda apa itu istilah truk balen???.

Truk balen adalah truk dari daerah asal yang biasanya mengirim barang ke kota-kota besar seperti Jakarta Surabaya Bali dan lainnya. Balen adalah istilah bahasa Jawa yang artinya kembali. Truk Balen ini akan kembali ke daerah asalnya dengan membawa barang dari kota tujuan awal pengirimannya. Biasanya truk balen membawa hasil bumi dari berbagai daerah untuk dikirim ke kota-kota besar. Ada yang mengirim batu alam, sayuran, buah, telur, hasil kerajinan tangan, dan lainnya. Truk balen ini biasanya akan mangkal di beberapa pangkalan truk atau terminal barang untuk menunggu muatan ke arah pulang menuju daerahnya. Harga sewa truk balen juga terbilang lebih murah dari pada sewa truk yang bukan balen.