Mohon tunggu...
Rachmanda Yorda Bahrul Ulum
Rachmanda Yorda Bahrul Ulum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya orang yang extrovert, ceria , suka bercanda. Hobi saya bermain basket

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Sepatumu Lo Kotor

18 Juni 2022   12:51 Diperbarui: 18 Juni 2022   12:56 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Berawal dari rasa ingin tahu kenapa sepatu yang dicuci sendiri dirumah mudah rusak. Ternyata setelah saya mempelajari tentang cuci sepatu memang cara mencuci sepatu dirumah salah , karena ada teknik tertentu yang dapat menjaga sepatu dari kerusakan. Penggunaan sabun juga menjadi factor kerusakan sepatu karena pada beberapa sabun cuci memiliki kadar yang berbeda beda, yang cocok pada sepatu adalah sabun khusus yang tidak terlalu keras. Pengaruh sabun yang terlalu keras seperti sabun cuci baju dapat merusak warna, lem pada sepatu dan lain lain. 

Sikat umtuk sepatu juga termasuk factor penting dalam menjaga sepatu agar tidak rusak, kita harus mengerti kapan menggunakan sikat kasar dan halus pada bagian bagian sepatu. Pembersihan sepatu menggunakan sikat kasar juga harus berhati hati karena jika terlalu keras pada bagian tertentu dapat menyebabkan sepatu sobek, sablon hilang, dan warna pudar.

 Kebersihan sepatu juga penting bagi penampilan juga kebersihan diri terutama kaki, karena penampilan bukan hanya dilihat dari wajah, baju dan celana. Sepatu juga merupakan bagian penting yang harus diperhatikan dalam penampilan. Sepatu yang jarang dibersihkan akan membuat sepatu berbau, banyak kuman dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan dan kenyamanan penggunanya. Orang-orang jarang memperhatikan kebersihan sepatu dengan alasan malas dan lain lain padahal sepatu bersih juga dapat menambah kepercayaan diri seseorang, Saya sendiri akan kurang nyaman saat sepatu kotor, menurut saya kebersihan sepatu juga sering diperhatikan orang lain. 

 Dengan ketertarikan saya pada cuci sepatu, akhirnya saya belajar lebih dalam dan sekarang bs=isa bekerja di salah satu jasa cuci sepatu di Surabaya bernama Tujuh Sepuluh Shoeshine and Care. Disini saya belajar banyak hal tentang cara membersihkan sepatu agar bersih maksimal juga dapat menjaga sepatu dari kerusakan. Di Tujuh Sepuluh saya tidak hanya belajar tentang mencuci sepatu, tapi banyak hal lain seperti recolor sepatu, unyellowing, menghilangkan noda kuning pada sepatu putih dan lain lain. 

Menurut saya selama bekerja disini, saya jadi mengerti mana sepatu yang mudah dicuci mana sepatu yang harus di treatment, memang pekerjaan ini tidak da hubungannya dengan program studi yang saya ambil, tapi menurut saya pegalaman apapun itu sangat berharga, dan saya percaya bahwa pengalaman ini akan berguna pada kehidupan saya nantinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun