Mohon tunggu...
Rachma Danti
Rachma Danti Mohon Tunggu... Seorang pembelajar seumur hidup

Hai! Saya Rachma. Seorang yang masih belajar menulis, membaca dan memahami. Jauh dari kata sempurna, dekat dengan kebodohan. Oleh karenanya, learn is most important thing for me.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dalam Rangka Perpisahan, KKN Tematik UM Adakan Festival Anak Saleh

20 November 2019   09:24 Diperbarui: 20 November 2019   09:30 0 0 0 Mohon Tunggu...
Dalam Rangka Perpisahan, KKN Tematik UM Adakan Festival Anak Saleh
KKN UM sedang melakukan penjurian lomba hafalan surah pendek | dokpri

Bayan (19/11). Dalam rangka memperingati maulid nabi dan perpisahan KKN Tematik Universitas Negeri Malang (UM), mahasiswa KKN UM bekerja sama dengan panitia maulid nabi Desa Sambik Elen menyelenggarakan kegiatan Festival Anak Sholeh pada 15-17 November 2019 yang bertempat di Masjid Baitussyakur Desa Sambik Elen. Kegiatan tersebut diikuti oleh anak-anak dari berbagai dusun dan TPQ yang ada di Desa Sambik Elen. 

Rangkaian acara dimulai Jumat sore, 15 November 2019 dengan kegiatan lomba adzan yang diikuti oleh kurang lebih 20 anak usia SD. Kemudian kegiatan dilanjut setelah sholat isya dengan lomba hafalan surah pendek setengah juz.

Esoknya, festival anak sholeh dilanjut dengan lomba hafalan surah 1 juz dan lomba pidato.  Sedangkan di hari Minggu malam, 17 November 2019 diadakan grandfinal lomba  tahfidz 1 juz. Selain membantu jalannya rangkaian acara, beberapa mahasiswa KKN Tematik UM juga turut menjadi juri di beberapa mata lomba, seperti hafalan surat pendek dan pidato bersama dengan ustadz-ustadz lainnya.

Sebagai puncak acaranya, diadakan pengajian dengan mengundang Tuan Guru Haji Abdaluddin dan mengundang pejabat-pejabat pemerintahan di wilayah Bayan. Dalam kegiatan Senin, 18 November tersebut disisipkan acara penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba sebagai bentuk motivasi agar senantiasa bersaing secara sehat dan percaya diri.

Kegiatan ditutup dengan sholat dhuhur berjamaah bersama seluruh panitia, warga sekitar, para undangan dan Tuan Guru Haji Abdaluddin. Setelahnya, semua warga dan tamu yang hadir makan bersama-sama di pelataran masjid.

Tidak hanya berhenti di situ saja, setelah ashar diadakan lomba panjat pinang, perisai-an dan tarik tambang yang mana keseluruhan lomba dikhususkan untuk peserta anak-anak. Keseluruhan lomba berlangsung meriah dengan disaksikan oleh warga sekitar. (rd/ny)

Pewarta: Siti Zamroh Racma Danti; Ninda Yulia Puspadewi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x