Tren e-commerce di kalangan masyarakat memang telah memberikan banyak kemudahan bagi para pebisnis dan konsumen. E-commerce sendiri telah mengalami berbagai perkembangan, dan juga telah menyebar ke berbagai negara, seperti Amerika Serikat dan beberapa negara di ASEAN. Sejauh ini, terdapat tujuh bentuk bisnis e-commerce yang berkembang pesat, salah satunya adalah B2C atau Business to consumer.
Apa yang dimaksud dengan B2C? B2C adalah bentuk jual-beli produk atau jasa di mana penjual dan konsumen ikut terlibat di dalamnya. Bisnis ini disebut juga pasar atau mall online. Pelayanan bisnis B2C dilakukan secara langsung kepada konsumen, tanpa adanya pihak ketiga. Jenis e-commerce ini biasanya dimanfaatkan oleh penjual yang serius menjalankan bisnis untuk mengelola situs sendiri.
Pemanfaatan media sosial untuk bisnis online khususnya bisnis B2C, dinilai sangat efektif dan tepat. Diperkirakan hampir 93% pengusaha di era digital, memanfaatkan strategi digital marketing melalui media sosial untuk memasarkan produk mereka. Hal ini sangat masuk di akal, karena media sosial memang merupakan sebuah platform yang dapat digunakan oleh hampir semua orang untuk berbelanja dan berbisnis.
Bagaimanakah dengan Instagram? Instagram adalah salah satu media sosial yang memiliki pengguna terbanyak di dunia. Sudah banyak pebisnis online yang berhasil memasarkan produk atau jasa mereka di Instagram. Situs Instagram memang sangat ideal untuk memasarkan bisnis online, terutama jika pasar sasarannya adalah generasi milenial. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk memasarkan bisnis online B2C di Instagram:
1. Tampilkan foto atau testimoni dari pembeli yang telah menggunakan produk anda
Foto atau testimoni yang positif dari konsumen dan pelanggan, nyatanya dapat meningkatkan antusiasme calon konsumen untuk membeli produk anda. Oleh karena itu, usahakanlah untuk selalu rutin memperlihatkan feedback positif dari konsumen dan pelanggan, jika ingin bisnis online anda semakin sukses dan berkembang kedepannya.
2. Usahakan rutin memposting foto setiap harinya
Hanya dengan rutin memposting foto, maka anda dapat meningkatkan jumlah follower dan pembeli. Anda sebaiknya hanya memposting foto atau gambar dengan kualitas terbaik, karena Instagram dipercaya memiliki kekuatan untuk menarik lebih banyak pengguna lain melalui konten visual yang menarik.
3. Manfaatkan Instagram stories untuk mempromosikan produk anda
Dipastikan calon konsumen yang aktif di Instagram, akan sangat tertarik menonton Insta stories dari beberapa akun yang telah mereka follow. Faktanya, saat ini pengguna Instagram ternyata lebih memperhatikan Insta stories dibandingkan feed di Instagram. Anda dapat memasarkan produk dengan membuat Insta stories dalam bentuk storytelling yang menarik atau dengan menunjukkan behind the scene proses pembuatan produk anda.