Mohon tunggu...
RACHEL GABRIELLA
RACHEL GABRIELLA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Berfokus kepada dunia pendidikan dan anak-anak.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengolahan Sampah Plastik Menjadi BBM sebagai Jawaban Permasalahan Sampah

11 Agustus 2022   13:06 Diperbarui: 11 Agustus 2022   13:25 120 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Seperti yang kita ketahui bahwa sampah plastik merupakan masalah besar yang dialami oleh dunia, khususnya bangsa Indonesia. Menurut Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan persentase sampah plastik pada tahun 2021 sebesar 17,3%. 

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, menyebutkan limbah plastik Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun. Hal ini sangat berdampak bagi kehidupan, tidak hanya manusia melainkan juga hewan khususnya hewan laut.

Besarnya masalah sampah plastik di Indonesia sangat mempengaruhi manusia dan makhluk hidup lainnya. 

Melalui gambar dibawah, kita dapat melihat bahwa setiap sampah plastik yang dihasilkan oleh manusia baik dari penggunaan secara langsung maupun tidak akan kembali kepada manusia itu sendiri melalui makanan yang kita konsumsi, yaitu makhluk hidup yang sudah terdampak sampah plastik/mikro plastik.

Oleh sebab itu, dibutuhkan solusi yang relevan bagi permasalahan sampah plastik. Salah satu pengolahan sampah plastik yang cukup efektif, yaitu mengubah sampah plastik menjadi BBM. Mengapa pengolahan sampah plastik menjadi BBM merupakan solusi yang cukup efektif bagi permasalahan ini?

Karena saat ini kebutuhan BBM di Indonesia meningkat pesat sedangkan SDA sudah mulai menipis sehingga harga BBM pun naik dan terdapat regulasi baru dalam penggunaan jenis BBM pada kendaraan bermotor.

Pengolahan sampah menjadi BBM dapat dilakukan dengan cara Pirolisis. Pirolisis merupakan suatu metode dekomposisi kimia bahan anorganik melalui proses pemanasan tanpa oksigen, dimana material mentah akan melami pemecahan struktur kimia mennjadi gas.

Gas ini akan didinginkan dengan metode destilasi sederhana sehingga kembali ke dalam bentuk cairan, yaitu BBM. Kandungan polipropilena pada plastik juga terdapat di dalam BBM.

 Walaupun terlihat sulit, ternyata metode pirolisis dan destilasi ini dapat dilakukan menggunakan alat-alat sederhana yang ada di sekitar kita. Hal ini saya dan teman-teman Kelompok 22 KKN UPI 2022 lakukan sebagai bentuk pengabdian kami kepada masyarakat. 

Kami melakukan sosialisasi dan uji coba mengubah sampah menjadi BBM kepada masyarakat Cilimus, RT007/RW006, Kel. Isola, Kec. Sukasari, Bandung. Kami melihat bahwa terdapat potensi yang baik di lingkungan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan