Mohon tunggu...
HENDRA WIJAYA
HENDRA WIJAYA Mohon Tunggu... Penulis - NICE DAY

Mengajar di Tangerang.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Tarawih Keliling (Tarling) bersama Si Buah Hati

18 April 2022   16:33 Diperbarui: 18 April 2022   16:48 394 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

                                                                           TARAWIH KELILING (TARLING) BERSAMA SI BUAH HATI

                                                                                                                 Oleh : Hendra Wijaya*

Bulan Suci Ramadhan 1443 H, sudah di lalui kurang lebih duapekan. Selama itu pula, umumnya umat muslim  melaksanakan shalat Sunah Tarawih plus shalat Witir usai menunaikan shalat Isya.

Shalat Tarawih dan Witir di Indonesia

Indonesia yang populasi penduduknya mayoritas beragama Islam, tiap Bulan Suci Ramadlan   masyarakatnya umumnya  antusias melaksanakan Ibadah Puasa Ramadlan dari pagi (waktu subuh) sampai dengan sore (maghrib). Setelah berbuka puasa, setelah melaksanakan sholat maghrib, mereka bersiap melaksanakan Ibadah selanjutnya yaitu menunaikan Sholat Isya dilanjutkan shalat Tarawih plus shalat witir sendiri  sendiri atau  berjamaah.

Di Indonesia, secara umum masyarakatnya ada yang mengerjakan shalat tarawih plus witir sebanyak 23 rakaat ( 20 rakaat shalat tarawih + 3 rakaat shalat witir), ada juga yang mengerjakannya 11 rakaat (8 rakaat shalat tarawih + 3 rakaat shalat witir). 

Dalam pelaksanaannya, ada masyarakat yang mengerjakannya dalam waktu  sangat cepat (membaca bacaan dalam shalat dengan sangat cepat dan dalam tempo sesingkat-singkatnya) ada juga yang temponya sedang tapi ada juga yang very slowly

Perbedaan ini tidak menjadi masalah, karena keduanya memiliki dasar dalil yang kuat. Masyarakat Indonesia sudah mahfum dengan perbedaan ini dan tetap saling menghormati. Jadi tidak usah heran kalau mesjid-mesjid yang ada disekitar kita  jumlah shalat tarawih plus shaalat witirnya berbeda beda dengan tempo waktu mengerjakannya berbeda-beda pula.  

Bagi orang dewasa, Shalat Tarawih plus shalat  witir dengan jumlah rakaat ada yang 23 atau 11 rakaat dengan tempo yang kadang very selow, mungkin tidak masalah-sudah biasa-tidak terlalu memberatkan terhadap daya tahan tubuh dan daya tahan sabarnya. 

Namun bagi anak-anak yang berusia 4-13 tahun seperti anak kami kadang ini jadi problem daya tahan tubuh dan daya tahan sabarnya.Tak jarang, pada saat shalat tarawih anak-anak itu setelah rakaat ke empat mulai berulah-bercanda dengan teman-teman sebayanya untuk menepis jenuh-lelah-ngantuk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Lihat Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan