Mohon tunggu...
HENDRA WIJAYA
HENDRA WIJAYA Mohon Tunggu... Penulis - NICE DAY

Mengajar di Tangerang.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

ANBK: Persiapan - Pelaksaan (Dinamika di Lapangan)

10 Oktober 2021   14:45 Diperbarui: 10 Oktober 2021   14:47 199 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

ANBK :PERSIAPAN  HINGGA PELAKSANAAN

(Dinamika di lapangan )

Oleh: Hendra Wijaya

ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) untuk tingkat SMP telah dilaksanakan 4-7 Oktober 2021 yang lalu. Sebelumnya berbagai persiapan pelaksanaan ANBK tersebut telah dilaksanakan baik di tingkat provinsi, kab/kota dan dimasing-masing  unit sekolah. Sosialisasi ANBK, Try Out ANBK, Simulasi ANBK, Gladi bersih ANBK adalah Round down dari persiapan menuju pelaksanaan ANBK tersebut.Yuk kita lihat Dinamikanya.

 

Sosialisasi ANBK

Sebagai sebuah program nasional Kementrian Pendidikan-Riset dan Teknologi  yang baru akan dilaksnakan tahun ini (setelah sebelumnya tertunda), tentu program ini jauh hari sebelum dilaksanakan perlu di sosialisasikan kepada masyarakat, khususnya seluruh stake holder bidang pendidikan. Dalam tahap Sosialisasi Program (daring maupun luring,karena masa pandemi) ANBK di jelaskan secara rinci dari mulai Payung Hukum Program tersebut, Aspek teori -Filosofis dan Aspek teknis pelaksanaan ANBK. Disimpulkan, ANBK adalah program pemerintah pengganti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) sebagai penilaian terhadap mutu sekolah, madrasah, dan  program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. ANBK bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik esensial sebuah sekolah dan madrasah yang efektif dalam mengembangkan kompetensi dan karakter siswa. Berbeda dengan UNBK, ANBK tidak menjadi syarat kelulusan pesertanya dari jenjang sekolahnya, ANBK sifatnya hanya untuk memberikan gambaran karakteristik esensial/mutu sebuah sekolah saja. Peserta ANBK sendiri tidak hanya siswa tetapi Guru dan Kepala Sekolahpun disertakan dalam ANBK. Dalam mengisi soal-soal ANBK, seluruhnya diminta untuk jujur dalam menjawab seluruh pertanyaan dalam soal. Untuk Siswa, dipilih secara random oleh kementrian pendidikan sebanyak 50 siswa yang nantinya akan di test melalui berbagai model soal Literasi dan Numerasi untuk mengukur Komptensi Minimal yang mereka kuasai selama belajar. Semenetara itu, Guru dan Kepala Sekolah mengisi Form Asesmen Survey Lingkungan Belajar secara daring, yang bertujuan untuk mengetahui, memetakan bagaimana sebenarnya sikap, tindakan, pemikiran guru dan kepala sekolah dalam menyelesaikan masalah-masalah yang timbul di sekolahnya.  Diharapkan dari hasil ANBK ini, terpetakan mutu seluruh sekolah di Indonesia, sehingga dapat diambil kebijakan dan tindakan yang tepat untuk memberikan bantuan, fasilitas, program untuk meningkatkan mutu tiap sekolah.

Try Out ANBK dan Pendalaman Materi ANBK

Salahsatu strategi dalam persiapan menuju pelaksanaan ANBK, di beberapa kabupaten/kota di selenggarakan Kegiatan Try Out Berbasis Komputer (TOBK) ANBK. Contohnya di Kota Tangerang, TOBK ANBK dilaksanakan pada pada 13-14  September 2021, yang difasilitasi langsung oleh Dinas Pendidikan Kota. Kegiatan ini tujuannya adalah sebagai uji coba yang diberikan pada siswa. Soal Try Out disusun oleh dinas pendidikan berdasarkan SKL dan kisi-kisi ANBK. Dengan Try Out itu, diharapkan siswa semakin siap untuk menghadapi ANBK. Dalam mengerjakan soal-soal TOBK ANBK ini selain diikuti oleh peserta ANBK yang telah terpilih, juga diikuti seluruh siswa kelas 8 secara daring, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Diharapkan seluruh siswa kelas 8, paling tidak, mengenal model-model soal ANBK.

Ditingkat sekolah,untuk memupuk kesiapan siswanya menghadapi ANBK, beberapa sekolah mengadakan program 'Pendalaman Materi ANBK'khusus bagi siswa yang terpilih mengikuti ANBK. Seperti di SMP Islamic Centre- Kota Tangerang, Dalam tiap minggu jelang pelaksanaan ANBK, disediakan waktu Tiga jam untuk 'Pendalaman Materi ANBK'.

Simulasi sekaligus Gladi Bersih ANBK

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan