Mohon tunggu...
Rafly Audifa Rachman
Rafly Audifa Rachman Mohon Tunggu... Police Officer

Student at Indonesian National Police Academy

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Patroli Roda Empat Satsabhara

8 Oktober 2019   19:28 Diperbarui: 8 Oktober 2019   19:32 0 0 0 Mohon Tunggu...

 Keamanan merupakan kondisi yang terbebas dari bahaya, kejahatan, gangguan, hambatan masalah, ancaman, kecelakaan, keributan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, keamanan ini berasal dari kata aman yang artinya tidak merasa takut, resah atau gelisah, tentram, sentosa, bebas dari bahaya. 

Menjaga keamanan adalah kewajiban dari setiap warga Negara Indonesia sebagaimana tercantum dalam Undang-undang Dasar 1945 bab XIII tentang Pertahanan Negara pasal 30 ayat (1) yang berbunyi : "Tiap-tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan Negara".  

Dari bunyi pasal tersebut tentunya dapat disimpulkan bahwa dalam menjaga keamanan Negara kita ini perlu adanya kerjasama yang baik antar warga masyarakat dengan instansi pemerintah yang membidangi masalah keamanan dalam hal ini Polri.

Polri merupakan lembaga strategis bagi Negara Indonesia yang diharapkan dapat menciptakan dan menjaga keamanan di dalam Negeri. Dalam menjaga keamanan ini tentunya memerlukan sudah merupakan tugas dan wewenang dari Kepolisian, dimana menurut undang-undang nomor 2 tahun 2002 dalam pasal 13 menyebutkan tugas pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah :

  1. Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat
  2. Menegakkan hukum
  3. Memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan seiringnya perkembangan dinamika zaman globalisi pada era sekarang melalui berbagai macam penemuan -- penemuan baru yang menimbulkan perubahan -- perubahan sosial dalam masyarakat merupakan sebuah tantangan yang akan dihadapi oleh kepolisian karena dari keadaan tersebut akan menimbulkan dampak yang luas terkait dalam berbagai macam aspek bidang kehidupan salah satunya bidang hal teknologi otomotif. 

Kegiatan yang berkaitan dengan hal teknologi otomotif seperti balapan liar merupakan sarana untuk menguji penerapan dari teknologi otomotif itu sendiri. Fenomena balap liar sendiri bukan hal yang asing bagi masyarakat. 

Tidak hanya golongan bawah tapi menengah dan atas juga berpartisipasi. Terutama para pemuda dan remaja yang mencari jati diri dan menyalurkan hobi mereka mengenai dunia otomotif. Kegiatan ini sifatnya menimbulkan kekacauan dan melanggar aturan dalam jalannya aktifitas masyarakat sehari -- hari.

Untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat Kepolisian membagi tugas ke dalam beberapa fungsi Kepolisian diantaranya fungsi Binmas, Reserse, Intel, Sabhara dan Lalu Lintas. Fungsi Kepolisian tersebut masing-masing memiliki fungsi dan peran yang saling mendukung demi terciptanya Kamtibmas.

Dari beberapa fungsi ini yang paling berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat adalah fungsi  Sabhara. Seperti yang dijelaskan dalam buku Diktat FT. Sabhara Taruna Akpol (2015) bahwa Sabhara merupakan salah satu fungsi pemerintahan Negara di bidang pemeliharaan Kamtibmas, penegakkan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. 

Fungsi teknis Sabhara ini merupakan suatu pekerjaan atau usaha yang memerlukan keahlian dan keterampilan khusus Sabhara Polri dalam rangka menyelenggarakan tugas pokok Polri (terutama untuk tugas-tugas yang berkaitan dengan upaya preventif).

Dalam kehidupan sehari-hari, secara umum masyarakat cenderung disibukan dengan melakukan kegiatan rutinitasnya, sehingga menuntut  Polri atau dalam hal ini fungsi Sabhara untuk selalu hadir dan mengawasi disetiap kegiatan yang dilakukan masyarakat dalam rangka mencegah agar tidak terjadinya kejahatan. Fungsi Sabhara membagi tugas ke dalam beberapa unit yaitu unit Penjagaan, unit Pengawalan dan unit Patroli.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2